Tanya Dokter

  • Penyebab sering buang air kecil di malam hari

  • Malam Dok.
    Setiap malam saya pasti selalu sering kencing.Mulai jam 20.00 keatas...kalau awal jam 20.00 agak banyak dan sering.Kalau minum saya sih normal saja,kalaupun lebih bnyak,yah tidak jauh dari normallah.Kalau semakin larut tetap sering namun dalam jumlah kecil(stengah gelas).dan kalau saya cuci pakaian dalam agak lebih menyengat seperti bau daging yang dibiarkan sehari.saya tidak merokok dan tidak minum miras.Apa yang saya alami dan bagaimana solusinya?

    Halo Johannes, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Pada dasarnya, frekuensi buang air kecil (BAK) akan dipengaruhi dari jumlah konsumsi air. Jika Anda minum air cukup banyak menjelang tidur, terutama bila mengonsumsi kopi atau teh, maka wajar terjadi peningkatan frekuensi berkemih. 

    Sebagian besar orang dewasa bisa tidur selama 6-8 jam tanpa terbangun untuk berkemih. Bila keluhan yang Anda alami tidak kunjung berkurang sekalipun sudah membatasi konsumsi air menjelang tidur, besar kemungkinan keluhan yang Anda alami disebabkan kondisi tidak normal. Berikut beberapa kemungkinannya :

    • infeksi saluran kemih
    • pembesaran prostat 
    • diabetes melitus
    • efek samping konsumsi obat, yaitu golongan diuretik

    Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Selain pemeriksaan fisik, dokter akan menganjurkan pemeriksaan tambahan, seperti tes darah dan urin, serta USG bila diperlukan. Setelah penyebab yang mendasari diketahui, barulah ditentukan langkah penanganan lanjutannya.

    Semoga bermanfaat ya

    dr.LIli