Tanya Dokter

  • penyebab kencing disertai darah

  • Halo, Dok. Perkenalkan saya Amanda. Sebelumnya saya sudah pernah bertanya mengenai sakit perut dan ini pertanyaan saya yang ke dua dengan topik yang berbeda.

    Begini, Dok, sudah 3 kali berturut-turut ini saya merasa saya kencing darah. Karena warna kencing saya berbeda dengan biasanya, kali ini berwarna cokelat agak kemerahan. Saya tidak tahu penyebabnya, Dok. Dan saya juga tidak merasakan sakit saat kencing.

    Tetapi, Dok. Saya hanya kencing darah saat baru bangun tidur, setelah melakukan aktivitas sehari-hari dan saya kencing, kencing darah itu tidak ada, singkatnya saya hanya kencing darah ketika baru bangun tidur, entah tidur siang atau tidur malam.

    Saya tidak merasakan sakit sedikit pun saat kencing. Dan saya juga tidak merasakan sakit di bagian V. Tetapi, Dok, terkadang saya merasa agak perih sedikit di bagian V saat digunakan berjalan atau ketika saya tidur ke kanan dan berguling ke kiri.

    Ini pertama kalinya saya kencing darah, Dok. Mungkinkah ini berbahaya?

    Saya berharap sekali, Dokter, memberi tanggapan pada pertanyaan saya. Karena saya merasa takut sekali ini membahayakan.

    Hai Amanda, Keluhan kencing darah (atau secara medis disebut sebagai hematuria) seperti yang Anda alami pada dasarnya dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab berikut ini:

    Berbahaya atau tidaknya kondisi yang Anda alami tentunya akan sangat tergantung pada penyebabnya. Untuk dapat memastikannya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tes penunjang mungkin akan diperlukan (seperti tes urine, USG, X-Ray dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga pengobatan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Perbanyak konsumsi air putih 2-3 liter sehari agar saluran kemih terbilas secara teratur dan mencegah bakteri berkembang biak
    • Hindari kebiasaan menahan keinginan untuk berkemih
    • Buang air kecil secara teratur
    • Membasuh organ intim dengan arah yang benar (dari depan ke belakang) untuk mencegah kontaminasi bakteri dari anus ke saluran kemih
    • Bila Anda sudah menikah biasakan untuk berkemih sebelum dan sesudah berhubungan intim
    Informasi berikut ini dapat berguna: Penyebab kencing darah Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    Oh, jadi begitu. Baik, Dok, saya akan melakuka beberapa sarannya. Terima kasih.