Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri saat buang air kecil setelah sunat

  •  Ronny Tan
    Anggota

    Dok, jadi kira2 10 hari yang lalu saya sunat karena fimosis. Metodenya konvensional, nah sekarang luka di penis saya sudah mulai mengering namun masih ada luka2nya. Nah awal awal itu tidak ada masalah di kencing. Namun baru kemarin saya kencing terasa perih, dan ada darah campur kencing netes (setelah kencing) trus setelah itu lancar lagi. Nah pas saya bangun tidur kencing, sakit lagi dok, trus kencingnya jadi kayak ada 4 saluran ,kecil kecil keluarnya. Kenapa ya dok?

    Halo,   Sunat umumnya tidak mempengaruhi kondisi saluran kencing Anda, dan juga tidak menyebabkan kencing menjadi sakit. Sakit saat kencing dan keluhan lain Anda bisa disebabkan oleh :

    1. Infeksi saluran kencing = kondisi ini bisa terjadi jika Anda tidak rutin membersihkan organ intim Anda sehabis kencing, sering terjadi pada kasus fimosis serta bisa disebabkan oleh banyak faktor yaitu infeksi gonore, chlamidia, dll.
    2. Batu saluran kencing = batu saluran kencing bisa menyebabkan nyeri kencing, keluar darah pada urin serta BAK menjadi bercabang akibat adanya batu tersebut.
    3. Striktur uretra = Penyempitan Saluran kencing yang bisa timbul akibat infeksi, batu, cedera atau prosedur lain yang dilakukan pada saluran kencing Anda.
    4. Masalah prostat.
    5. dll.
    Untuk mengetahui dengan pasti maka sebaiknya And aberkonsultasi dengan dokter yang melakukan operasi sunat kepada Anda. Dokter akan melakukan tes medis dan fisik yang sesuai agar bisa menentukan terapi lanjutan yang sesuai pula. Perbanyak minum air putih, jaga kebersihan organ intim Anda, cuci organ intim dengan air bersih setelah BAK, lap kering organ intim dan gunakna celana berbahan katun yang tidak ketat. Minum obat pereda nyeri. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi