Tanya Dokter

  • Penyebab kenaikan berat badan dan kelelahan

  •  Jhanter_J
    Anggota
    Selamat malam dokter, Dok, hari selasa saya baru sembu dari sakit maag dan tiap hari saya makan bubur terus menerus tetapi berat badan saya sudah naik serta membuat kaki, bitis, paha, wajah semua sudah gemuk serta kalau jalan 200 meter sudah cape & membuat bitis-bitis kaku,. Mau tanya penyebab kenapa sampe badan naik seketika & membuat bitis-bitis kaku di saat berjalan. Apa berdampak juga karena belum BAB? Mohon d jawab ya...

    Salam,

    Pada pasien dengan kenaikan berat badan selama perawatan dan pengobatan penyakit maag serta menjalani masa pemulihan dari sakit maag, kemungkinan merupakan suatu kondisi  yang wajar. Pada saat asam lambung meningkat, rangsangan perut lapar biasanya terasa meningkat, walaupun Anda mengkonsumsi bubur sebagai makanan selama perawatan, namun kalori dalam menu makanan bubur juga sama dengan kalori dari nasi yang biasa Anda makan. Selain kalori dari bubur, mungkin ada penambahan kalori lain dari konsumsi makanan dan minuman selama ini, seperti buah, makanan ringan, susu, ataupun telor dan olahan lauk pauk yang di konsumsi. Oleh karena itu, penyembuhan lambung Anda yang utama, walaupun berat badan naik, setelah tubuh Anda dan lambung Anda sehat, Anda dapat kembali mengontrol jumlah kalori setiap harinya.

    Sedangkan adanya keluhan tubuh atau otot mudah capai, kemungkinan dapat disebabkan oleh :

    1. kurang nya intake air putih

    2. kurang gerak

    3. mempunyai riwayat obesitas atau kegemukan sebelumnya

    4. stres

    5. kurang tidur atau sering tidur larut malam

    6. kurang olah raga

    7. gangguan keseimbangan mineral tubuh

    Sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter keluarga Anda atau dokter penyakit dalam yang merawat Anda seblumnya, dokter akan memastikan penyebab keluhan Anda serta merencanakan pemeriksaan penunjang yang mungkin diperlukan, seperti pemeriksaan kolesterol ataupun pemeriksaan darah.

    Pengobatan dan perawatan lanjutan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga mudah lelah/capek.

    dr. Ulfi