Tanya Dokter

  • Ciri-ciri gangguan psikosomatik

  •  Shakur
    Anggota
    Salam dok...saya telah mengalami gangguan psikomatis Dan psikologi yang menyebabkan bahagian kepala saya setiap hari mengalami stress yang melampau,tidak tenang Dan brain zaps.....saya mengalami situasi ini selama 3 tahun yang menyebabkan Kepala saya semakin membesar Dan meninggi....saya benar-benar mengalami masalah ini dok....umur saya sekarang 19 tahun.....start saya mengalami gangguan psikomatik ini Bermula pada umur 16 tahun Dan berakhir pada umur 18....kenapa ye dok kepala saya semakin membesar Dan meninggi.....adakah disebabkan Osifikasi intramembranosa atau osifikasi intrakartilagenosa yang menyebabkan tulang semakin bear Dan panjang....tolong jelaskan dok dengan lebih details apakah masalah saya sebenarnya.....

    Halo Shakur......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui, gangguan Psikosomatis merupakan keluhan fisik yang timbul dipicu oleh karena kondisi psikologis. Gangguan Psikosomatis sendiri merupakan diagnosa yang diberikan dokter setelah dilakukan pemeriksaan dan dipastikan tidak terdapat masalah didalam tubuh yang berkaitan dengan keluhan tersebut.

    Gangguan psikosomatik sendiri tidak menimbulkan gejala kepala yang semakin membesar atau Meninggi. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan perubahan ukuran dan bentuk kepala, diantaranya adalah : hidrosefalus, trauma kepala, terdapatnya Tumor pada kulit kepala atau Tengkorak, dan lain sebagainya.

    Untuk lebih jelasnya, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati