Tanya Dokter

  • Perubahan bentuk kepala

  •  mustafha
    Anggota

    salam dok....adakah kepercayaan dan keyakinan dalam diri boleh mengubah bentuk kepala contohnya kita akan mengalami gangguan psikomatis apabila kita percaya bahawa kepala kita akan semakin membesar disebabkan kita sudah tidak mahu kepala kita  membesar....Hal ini membuatkan kita bimbang kepala membesar dan mengakibatkan kepala kita mengalami gangguan sakit kepala,nyeri.berdenyut-denyut dan tidak tenang......adakah dengan kepercayaan  kita yang membuatkan kita bimbang dan mengakibatkan kepala kita mengalami penyakit seperti sakit kepala,nyeri dan sebagainya menyebabkan berlaku perubahan pada kepala........Hal ini kerana saya mendapati kepala saya semakin membesar disebabkan situasi berikut saya alami.......Tolong jelaskan dok secara terperinci..........

    Hai Mustafha,

    Gangguan psikosomatis adalah kondisi di mana faktor mental menyebabkan atau memperparah penyakit fisik. Perlu diketahui bahwa gangguan psikosomatis baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan oleh dokter di mana dari hasil pemeriksaan tidak didapatkan gangguan fisik yang mendasari keluhan yang timbul sehingga diduga penyebabnya berasal dari faktor psikis.

    Faktor psikis memang dapat menyebabkan peningkatan impuls saraf dari otak dan pelepasan hormon adrenalin ke dalam darah, sehingga kondisi ini dapat memicu timbulnya gejala fisik tertentu seperti jantung berdebar-debar, jantung berdetak cepat, sakit kepala, sakit dada, sesak nafas, sakit perut, mual, gemetar, berkeringat, atau nyeri punggung.

    Bila Anda telah dinyatakan oleh dokter mengalami gangguan psikosomatis dan sering mengalami sakit kepala, maka keluhan yang timbul ini memang dapat saja disebabkan oleh faktor psikis seperti stres atau kecemasan. Namun perubahan ukuran kepala menjadi membesar tidak mungkin terjadi akibat faktor psikis. Kepala yang membesar dapat terjadi bila ada penyebab fisik yang mendasari, seperti adanya cedera atau trauma kepala ataupun timbulnya tumor pada tulang tengkorak atau kulit kepala.

    Sebaiknya Anda menemui dokter agar dapat diperiksa secara langsung untuk menelusuri penyebab dasar keluhan yang Anda alami. Jika sudah dapat dipastikan tidak terdapat masalah fisik yang mendasari, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mengatasi masalah psikis yang timbul agar keluhan dapat teratasi.

    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Gangguan psikosomatis

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman