Tanya Dokter

  • Apakah tulang tengkorak dapat membesar?

  •  mustafha
    Anggota

    salam dok.....saya ingin bertanya.......adakah tulang tengkorak kita boleh membesar sewaktu kita tidur disebabkan tekanan yang melampau dan masalah psikomatis yang dialami sebelum tidur menyebabkan tulang baru terhasil disebabkan tekanan tersebut.....semoga soalan saya difahami dok dan semoga dok memberikan penjelasan yang details.....

    Hallo Mustafha

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Pembesaran atau pertumbuhan tulang tengkorak akan dipengaruhi oleh kemampuan tubuh dalam membentuk tulang baru (fungsi osteoblast) dan kemampuan tubuh untuk melakukan penyerapan tulang yang telah dibentuk tubuh (fungsi osteoclast). Kedua fungsi ini harus berjalan berimbang sehingga tidak menyebabkan gangguan pada tulang manusia. Pembentukan osteoblast berlebihan dapat menyebabkan terjadi pembentukan matriks tulang berlebihan sehingga bisa menimbulkan massa atau pertumbuhan tulang baru yang berlebihan (tumor pada tulang tengkorak). Sedangkan fungsi osteoclast yang berlebihan membuat penyerapan tulang berlebihan sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada tulang (hilangnya matriks tulang atau tulang menjadi keropos). Osteoblas terbentuk dari sel induk yang dikenal sebagai sel mesenkhimal, dimana sel osteoblast ini akan melepaskan kolagen dan beberapa protein pembentuk tulang.

    Masalah psikologis yang anda jelaskan berkaitan dengan stres psikis yang dialami oleh seseorang dan menurut penelitian hal ini tidak mempengaruhi penambahan ukuran tengkorak. Perlu anda pahami pada saat mendekati usia dewasa (sekitar 16 tahun), lempeng pertumbuhan otak telah berhenti berkembang, sehingga tulang akan berhenti tumbuh (menyangkut ukuran tulang). Jadi setelah usia ini, biasanya ukuran tengkorak tidak akan membesar, kecuali ada kondisi abnormal yang menyebabkan pertumbuhan jaringan tulang berlebihan. Sampai saat ini, masalah psikologis tidak dianggap menjadi penyebab pertumbuhan abnormal ini. Stres pada sel tulang dapat memicu gangguan pada proses kerja osteoblast, namun stres yang dimaksud adalah akibat pembentukan superoksida yang berlebihan (senyawa ini tidak baik untuk sel). Superoksida dalam sel ini menyebabkan gangguan pada proses kimia dalam pembentukan tulang sehingga proses pembentukan tulang baru terhambat bukan menyebabkan pembentukan tulang yang berlebihan.

    Jadi tekanan psikis yang berlebihan sebelum tidur tidak menyebabkan penambahan ukuran tengkorak.

    Jika jawaban masih kurang jelas, anda dapat bertanya kembali dengan pertanyaan yang lebih detail.

    Semoga jawaban ini membantu.

     

    dr. Aldy Valentino