Tanya Dokter

  • Kepala berdenyut saat menggunakan songkok

  •  Kthabhan
    Anggota
    Salam dok...saya ingin menanyakan keluhan yang dialami .....semoga dok memberikan penjelasan yang details..... 1)apabila kita memakai songkok yang ketat Dan menyebabkan Kepala kita berdenyut-denyut tetapi kita tidak menanggalkan songkok dalam beberapa jam walaupun terasa denyutan kuat pada bahagian kepala apakah kesan kepada tengkorak.......adakah tengkorak kita semakin tinggi.....
    Kthabhan  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Kepala manusia terdiri dari berbagai organ di dalam nya, dan di luar organ tersebut terdapat tulang. Tulang pada kepala mempunyai berbagai fungsi, seperti melindungi kepala, melindungi otak, membentuk kontur wajah, dan lainnya. 

    Rasa sakit pada kepala ketika menggunakan songkok dapat disebabkan karena berbagai hal. Jika anda merasakan sakit ketika menggunakan songkok, maka hal tersebut biasanya tidak disebabkan karena tengkorak yang semakin tinggi. Tulang tengkorak tidak dapat bertambah tinggi ataupun juga tidak dapat bertambah lebar. Ukuran tulang tengkorak selalu sama dan tetap.

    dari keadaan yang anda alami, nyeri pada kepala berdenyut ketika menggunakan songkok mungkin dapat disebabkan karena beberapa hal seperti:

    • songkok yang terlalu kencang, hal tersebut dapat membuat aliran darah menuju otak terganggu, ataupun dapat juga membuat otot sekitar kepal tertekan sehingga dapat membuat rasa sakit berdenyut.
    • sakkit kepala tipe tegang/ tension type headache
    • kadar gula darah yang rendah/ hipoglikemik
    • terdapat suatu kelainan pada jantung

    oleh karena itu, anda dapat mencoba menggunakan songkok yang tidak terlalu ketat atau kencang. Selain itu biasakan makan dengan jam yang teratur, dan biasakan makan pagi agar kadar gula darah tetap terjaga. 

    Jika keluhan anda terus menerus anda rasakan, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, rontgen, atau CT Scan jika memang diperlukan. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Sakit kepala

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny