Tanya Dokter

  • Tentang pembesaran tulang tubuh

  •  Kthabhan
    Anggota
    Salam dok....daripada pengetahuan kita jika tubuh badan mengalami pembesaran maka semua anggota akan mengalami pembesaran iaitu kepala,tubuh,tangan Dan kaki.....saya ingin Membuat pertanyaan....1)adakah boleh berlaku hanya anggota kepala sahaja yang berlaku pembesaran pada usia remaja bukan disebabkan hidrosefulus.......
    Kthabhan  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Kthabhan,

    Tulang merupakan struktur tubuh yang berfungsi sebagai rangka (membentuk postur tubuh), melindungi organ vital dan menunjang tubuh dalam beraktifitas, menyimpan mineral, membentuk sel darah, dsb. Dikarenakan fungsinya sebagai pembentuk rangka, tinggi badan manusia juga sangat bergantung dari ukuran tulang.

    Pemanjangan tulang (pada tulang panjang) dapat terjadi selama lempeng pertumbuhan (growth plate) tulang belum menutup. Lempeng pertumbuhan ini umumnya menutup setelah masa pubertas dan mengakibatkan tinggi badan tidak lagi bertambah.

    Berbeda dengan tulang panjang, struktur tulang kepala (cranium) masih dapat mengalami penebalan dan perubahan bentuk bahkan setelah masa pubertas. Hal ini umumnya berkaitan dengan paparan hormon pertumbuhan (growth hormon) yang berlebihan (akromegali) ataupun penyakit tertentu seperti penyakit paget.

    Bila Anda merasa terdapat perubahan pada tubuh Anda atau merasa khawatir mengenai kondisi tubuh Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda kedokter untuk memastikan apakah memang terjadi pembesaran atau tidak. Selain menanyakan riwayat keluhan Anda, dan melakukan pemeriksaan fisik, dokter juga dapat menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti rontgen, MRI ataupun CT-Scan untuk memastikan penyebab kondisi Anda. Tanyakanlah hasil pemeriksaan yang Anda lakukan dengan dokter agar Anda tidak perlu menduga-duga kondisi yang Anda alami.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono