Tanya Dokter

  • Penyebab kepala bagian kanan berdenyut

  • Siang Dok...saya mau bertanya,kenapa yah sudah berapa hari ini kepala bag kanan saya nyut-nyutan,,di bag pelipis lah dok,cuman yang kiri nya tidak sakit hanya yang kanan saja.mmg sudah berapa hari ini tidur saya tidak benar dok,sangat kurang tiudr.apakah itu ada hubungan nya ? seperti  migrain gitu dok.dan apa yang harus saya lakukan agar tidak nyut-nyutan lagi tanpa harus ke dokter? Terima kasih Dok

    Halo Stevani.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Dengan kegiatan yang anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit di kepala sebelah kiri, memang paling sering disebabkan oleh karena yang dalam bahasa medis disebut sebagai migrain, dimana sakit kepala dapat terasa berdenyut, menusuk, dan disertai dengan rasa mualm muntah, penglihatan yang kabur.

    Sampai saat ini penyebab pasti yang menimbulkan migrain belum diketahui, akan tetapi para ahli berpendapat bahwa kondisi ini di duga akibat gangguan pada aktivitas otak yang akhirnya mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah otak. Migrain juga dapat dipicu oleh hormon, kelelahan, makanan, cahaya, stres psikologis, alkohol, suara, bau - bauan.

    Selain oleh karena migrain, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : sinusitis, sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, tumor otak, olahraga yang berlebihan, dehidrasi, mengonsumsi obat - obatan pereda rasa sakit yang berlebihan, tekanan darah tinggi, gangguan kesehatan pada jantung, dan lain sebagainya.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap Tubuh Anda, disertai dengan tidur dan istirahat di ruangan yang gelap. Anda juga dianjurkan untuk menghindari tubuh dalam kondisi kelelahan yang saat, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, dan minum air putih minimal 2 Liter perhari.

    Jika setelah melakukan cara - cara di atas rasa sakit pada kepala masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis neurologi atau saraf terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SAKIT KEPALA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati