Tanya Dokter

  • Kepala penis terdapat bintik bintik merah seperti lecet dan berkerak seperti lem

  •  Deloa
    Anggota

    Dok ,, saya mau tanya... Pada kepala penis suami saya itu terdapat bintik-bintik merah seperti luka lecet tetapi kecil kecil dan kalo dipegang juga ga perih atau ngilu dan nyeri cuman terkadang terasa gatal sekali dok ,, dan pasa kepala penisnya juga ada seperti lapisan kulit yang terklupas gitu dok. Itu kenapa ya dok ?? Apa itu berbahaya buat kesehatan suami saya dok ?? Dan suami saya sudah pakai obat asiklovir selama 5 hari dok cuman ga ada perubahan serta waktu itu juga pernah minum obt super tetra juga dan di olesi beberapa salep cuman ga ada perubahan juga dok ,, saya khawatir dok dengan kesehatan suami saya dan apa itu bisa tertular kepada saya dok ?? Mohoon penjelasanya dok Trimakasih...

    Hai, Munculnya bintik merah yang disertai rasa gatal pada penis dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:

    Untuk memastikan penyebabnya, tentunya diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung (tatap muka) oleh Dokter untuk menilai keluhan bintik yang timbul (lokasi, bentuk, ukuran, konsistensi dll). Oleh karena itu sebaiknya suami Anda memeriksakan diri ke Dokter. Jika diperlukan Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti tes cairan penis, tes darah, dan lainnya. Pengobatan yang tepat akan dapat diberikan dengan mengetahui penyebabnya. Hindari mencoba-coba mengobati sendiri karena pengobatan yang tidak tepat dapat menyebabkan terjadinya resistensi kuman terhadap pengobatan. Jika keluhan yang dialami suami Anda disebabkan oleh penyakit menular seksual (Sifilis, Herpes genital) maka penyakit ini dapat saja ditularkan kepada Anda. Untuk menghindari hal ini sebaiknya tunda melakukan hubungan seksual selama dalam masa pengobatan, atau gunakan pengaman (kondom) saat berhubungan intim. Selain itu beberapa anjuran lain yang dapat dilakukan:
    • Menjaga kebersihan area kelamin
    • Bersihkan dan keringkan area kelamin setiap kali setelah mandi atau ke toilet
    • Kenakan pakaian dalam yang lembut, menyerap keringat, dan tidak ketat
    • Ganti pakaian dalam minimal 1 kali sehari
    • Hindari menggaruk area yang gatal untuk mencegah terjadinya iritasi/perlukaan kulit
    • Mandi air dingin akan membantu meredakan rasa gatal
    • Lakukan pengobatan bersama-sama dengan pasangan untuk menghindari terjadinya efek ping-pong (kembali saling menularkan)
    Baca laman artikel berikut ini: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman