Tanya Dokter

  • Benturan pada kepala yang menyebabkan perubahan bentuk kepala

  • Beberapa bulan lalu saya mengelami kecelakaan cukup parah.. ada juga cedera benturan di bagian kepala yang mengharuskan di jait, sebanyak 19 jaitan.. beberapa bulan kedepan ketika semua jaitan sudah di buka, dan sudah sembuh, ada sesuatu yg mengganjal di jidat saya tengah kanan saya ada penyok.. permasalahan nya bagaimana membuat penyok d kepala ini jadi normal? Trims

    Halo, Yudha.  Lekukan di kepala bisanya disebabkan oleh cedera kepala sedang atau berat yang dihasilkan oleh :

    • Patah tulang tengkorak kepala. Benturan/pukulan di tulang kepala sehingga menyebabkan tengkorak kepala mengalami patah tulang
    •  memar di otot kepala.
    • Jaringan parut akibat proses penjahitan kulit kepal. jaringan parut tersebut adayang bersifat menebal dan ada juga yang bersifat tertarikkedalam sehingga membuat perubahan bentuk pada daerah tersebut.
    • Lekukan di kepala Anda bisa saja disebabkan oleh terabanya sambungan antar bagian tengkorak yang normalnya memang ada di tengkorak manusia.

    Untuk menentukan penyebab yang pasti dari keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan medis langsung oleh Dokter. Dokter akan melakukan tanya jawab medis seputar keluhan yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik terutama pemeriksaan di bagian kepala, dan bila diperlukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen atau CT scan kepala. Pengobatan tergantung dari penyebab, apabila penyokan tersebut karena proses jaringan parut biasanya akan menetap dan sulit dihilangkan. Namun Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan bedah plastik untuk penanganan yang lebih detail.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S