Tanya Dokter

  • Kepala pusing bagian belakang menjalar hingga leher

  • selamat siang dok, saya Ihza Gupita umur 19 th. akhir-akhir ini saya mengalami pusing di bagian kepala belakang, sampai pada leher. leher saya menjadi agak kaku dok. dan saya terkadang setelah bangun tidur, berdiri dan mengalami pusing "mumet" seperti berputar-putar  dan pandangan saya menjadi hitam semua. namun, itu hanya terjadi beberapa detik saja. Bagaimana mengatasinya dok? terima kasih

    Ihza yang baik,

    pusing dan sakit kepala adalah 2 hal yang berbeda. Pusing mencakup sensasi berputar yang dirasakan seolah lingkungan disekitar penderita bergerak mengelilinginya. Sakit kepala di sisi lain merupakan kondisi nyeri kepala yang dirasakan di seluruh bagian atau bagian tertentu. Kami mengasumsikan yang Anda maksud ialah nyeri kepala kemudian diikuti dengan rasa pusing. Nyeri kepala dibagian belakang kepala adalah kondisi yang umum terjadi pada banyak orang. Namun penyebabnya dapat beragam, diantaranya ialah :

    • ketegangan otot kepala karena kelelahan, infeksi, atau stress psikis
    • kadar kolesterol yang tinggi
    • peradangan pada sendi penyusun rangka leher

    Sementara rasa berputar yang dirasakan dapat disebabkan oleh gangguan keseimbangan baik di pusat maupun di cabang-cabangnya yakni tempat organ keseimbangan tersebut berada, yakni di bagian telinga. Kondisi ini bisa disebabkan mulai dari infeksi atau peradangan pada telinga, hingga yang cukup serius seperti tumor. 

    Untuk menangani nyeri kepala dan rasa kaku, Anda dapat mengonsumsi penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada. Namun demikian bila kondisi tak kunjung membaik, jangan ragu memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai sakit kepala. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief