Tanya Dokter

  • kepala pusing sampai mata sakit

  •  Galih Utama
    Anggota

    assalamu'alaikum dok , saya umur 18 tahun. saya mau tanya dok saya 1 minggu ini sering mengalami sakit kepala sampai ke mata dok. dan terjadi sewaktu-waktu. sebaiknya apa yang harus saya lakukan dok?? terima kasih

    Hai,   Penyebab sakit kepala dan keluhan pada mata yang Anda alami bisa disebabkan karena :

    1. Sakit kepala tegang = sakit kepala seperti diikat pada bagian kepala, bisa menjalar ke punggung belakang, leher belakang dan mata. Biasa disebabkan karena kelelahan, pola makan yang buruk, postur tubuh yang salah, kurangnya mobilisasi / gerak karena pekerjaan, stres psikis dll.
    2. Sakit kepala cluster = sakit kepala berat yang biasa terasa dibelakang mata, terjadi sebagian besar menimpa pria dan bisa berlangsung lama pada setiap episode nyeri kepala.
    3. Migraine = sakit kepala berdenyut yang biasa menyerang 1 sisi kepala, kadang bisa berpindah -pindah atau juga bisa menyerang seluruh kepala, bisa didului adanya aura berupa kilatan cahaya sebelum gejala sakit kepala timbul dan kekhasan pada migraine penderita akan menjadi sensitif akan cahaya terang dan suara yang bising.
    4. Glukoma = biasa disertai penyempitan lapang pandang dan mata terasa nyeri.
    5. Kelelahan pada mata (Astenopia) = tanpa ada gangguan pada penglihatan mata, biasa dialami pada pekerja dengan eksposure terhadap radiasi komputer berlebih.
    6. Astigmatisma = gangguan kornea yang tidak licin pada mata menyebabkan cahaya tidak sejajar jatuh tidak sesuai ke retina akibat bentuk kornea yang bergelombang.
    7. Infeksi pada mata
    8. Stress
    9. Makanan
    10. dll
    Untuk mencari penyebab yang jelas, maka pemeriksaan fisik oleh dokter akan diperlukan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada Anda, dan jika perlu dokter akan melakukan tes medis lain seperti CT SCAN, MRI, Tonometri (pemeriksaan tekanan bola mata) , Funduskopi dll. Pengobatan akan diberikan sesuai dengan penyebab keluhan Anda. Meminum obat pereda nyeri, mengompres mata dengan air hangat , makan gizi seimbang, relaksasi dengan pemijatan dan mengistirahatkan mata dan tubuh serta mengelola stress dengan baik mungkin bisa mengurangi keluhan Anda. Baca topik  Sakit kepala. Semoga membantu.   dr. Yusi