Tanya Dokter

  • kepala sakit disertai mual, sendawa dan muntah

  •  s.yati
    Anggota
    malam dok,4 tahun yg lalu sya pernah mengalami kejadian,yaitu kepala saya terkena portal saat akan mengambil tiket parkir di sebuah mall,setelah itu rasa sakit hilang,namun sekarang sya sering pusing dok,dan kepala yg pernh kena portal trsb tiba2 sakit lagi skrng,apabila dipegang itu seperti benjol dan terasa sakit,dan apbila ditekan rasanya spontan itu sya mngeluarkn rasa mual dan selalu sendawa,perut juga terasa sering sakit,itu gejala apa ya dok,sya takut itu pnyakit berbahaya.

    Hai s.yati,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Terbentur benda yang cukup berat (seperti portal) pada kepala memang bisa menyebabkan cidera kepala yang serius. Nyeri kepala hebat, pusing, dan mual yang muncul pasca benturan bisa jadi menandakan peningkatan tekanan intrakranial (PTIK = peningkatan tekanan di dalam tengkorak kepala). Penyebab PTIK ini bisa bervariasi, misalnya:

    • Edema (rembesan cairan interstisial)
    • Hematoma (bekuan darah)
    • Patah tulang tengkorak atau leher
    • Hidrosefalus (peningkatan atau penimbunan cairan serebrospinal)
    • Herniasi serebri (pergeseran otak), dan sebagainya

    Akan tetapi, berbagai gejala PTIK tersebut umumnya berlangsung tidak dalam waktu lama setelah benturan. 

    Apabila Anda kerap mengalami pusing, nyeri kepala, mual, nyeri perut, dan bersendawa dalam waktu lama setelah benturan, maka perlu juga dipikirkan kemungkinan penyebab lain, terlebih jika ditemukan benjolan di sekitar bekas lokasi cidera. Beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi adalah:

    • Tumor, misalnya tumor otak, tumor tulang tengkorak, tumor kulit kepala
    • Infeksi, misalnya abses, bisul
    • Dispepsia (peningkatan asam lambung), misalnya karena gastritis, GERD, tukak lambung, tukak duodenum, pankreatitis, kolangitis, dan sebagainya

    Anda bisa memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter supaya dapat dipastikan, apakah kondisi yang Anda alami berbahaya atau tidak. Kemungkinan, di samping pemeriksaan fisik biasa, dokter pun akan menyarankan Anda menjalani pemeriksaan radiologis, misalnya rontgen, CT scan, atau MRI. Untuk mengetahui apakah keluhan berkaitan dengan masalah di saluran cerna, mungkin juga dokter akan melakukan USG atau endoskopi.

    Sementara itu, Anda sebaiknya tidak menekan atau memijat benjolan yang muncul di kepala secara berlebihan. Perbanyaklah istirahat dan biasakan untuk makan dengan teratur sedikit-sedikit tapi sering. Saat terasa tidak nyaman di perut, cobalah kompres perut tersebut dengan air hangat sehingga terasa lebih nyaman. Tidak lupa, rajinlah berolahraga, hindari stres, dan jauhi rokok serta alkohol.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah