Tanya Dokter

  • Penyebab kepala tidak simetris

  •  fredy22
    Anggota

    halo dok saya fredy mau bertanya,sejak kecil kepala saya miring ke kanan tengeng gitu dan jika dilihat orang lain tidak simetris sekarang umur saya 17 thn dok,dan saat mau miring ke kiri rasanya tidak leluasa seperti saat mau miring ke kanan jadi kayak ada tali yang kurang panjang gitu dok. tlg di jawab kira2 penyakit saya ini apa ya terima kasih.

    Halo Fredy, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Adanya bentuk kepala yang tidak simetris yang sudah dialami dari kecil dapat dikatakan sudah cukup lama. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa kondisi yang dapat dipikirkan yang menjadi faktor penyebab keluhan Anda saat ini adalah sebagai berikut: 

    1. Posisi saat di dalam kandungan. Kondisi ini dapat disebabkan karena adanya posisi yang tidak umum saat masih di dalam kandungan. Namun, tentu perlu penelusuran ke riwayat kehamilan ibu Anda. 
    2. Lahir prematur. Bayi dengan lahir prematur memiliki tulang yang lebih lunak sehingga jika dalam perawatannya setelah lahir dapat menyebabkan perubahan bentuk tulang tengkorak
    3. Salah posisi tidur. Saat lahir dan saat usia anak posisi tidur sangat menentukan pertumbuhan tulang dan otot. Adanya tidur di salah satu posisi saja dapat menyebabkan salah satu bagian terus tertekan dan saat menginjak usia lebih besar maka pengerasan tulang sudah membentuk bentuk kepaa secara permanen
    4. Adanya kelainan otot. Kondisi ini dapat disebabkan karena cedera di waktu kecil. Dapat cedera yang disadari atau tidak disadari. 
    5. Kelainan genetik
    6. Adanya kondisi medis lainnya. 

    Kondisi-kondisi di atas dapat menjadi faktor penyebab kondisi Anda, namun, masih perlu dipikirkan kondisi lainnya. Jika saat ini Anda merasa khawatir dan terdapat gangguan fungsi dari kondisi Anda saat ini, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi tatap muka dan pemeriksaan langsung oleh dokter. Jika memang perlu penanganan tertentu akan disesuaikan dengan kondisi Anda. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi