Tanya Dokter

  • kepala terbentur benda berat

  • Selamat siang dok, langsung saja ya :) Saya mau bertanya dok. Ayah saya ketika menurunkan motor dr rumah dengan temannya, temannya malah ngegas yg mengakibatkan motor jalan ga karuan ayah saya menahan, tapi temannya makin ngegas sehingga motor ngejungkalik jatuh menimpah ayah saya dok. Bagian atas tubuh ayah yg tertimpa dok, tepatnya d leher. Dan jidatnya berdarah akibat benturan ke tanah, ayah dalam keadaan sadar dan tdk ada muntah, hanya keleyengan saja. luka d jidat tidak d jahit meskipun disuruh sama dokternya karna ayah menolak. Akhirnya cuma d perban aja. Besok bapak terlihat biasa aja dok. Namun malemnya baru kerasa, jam set2 ayah terbangun mengeluh kesakitan. Kira2 apa tindakan yg sebaiknya d lakukan dok, mengingat ayah saya sangat susah d bawa ke rs untuk d periksa lebih lanjut. Mohon jawabannya dok :')

    Halo,   Bagian tubuh mana yang teras nyeri, leher atau kepala? Pada riwayat trauma di leher dan kepala maka sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi ayah Anda ke RS. Riwayat trauma pada kepala tidak bisa dianggap sepele karena bisa menyebabkan :

    1. Perdarahan kepala.
    2. Gegar otak
    3. Stroke akibat pecahnya pembuluh darah.
    4. Trauma leher bisa menyebabkan kelumpuhan seluruh badan.
    5. Gangguan tulang belakang
    6. patah tulang leher
    7. dll.
    Maka dari itu sangat disarankan dengan kuat bagi Anda untuk membujuk ayah Anda sekuat mungkin untuk pemeriksaan. Dengan pemeriksaan bisa diketahui secara pasti efek dari trauma yang sebelumnya terjadi. Untuk penanganan sementara hindari mengurut daerah leher, jika bisa pasang pelindung leher (collar neck) untuk menghindari segala bentuk trauma di leher memburuk. Dokter akan memeriksa dengan seksama dan melakukan tes medis seperti CT SCAN dll untuk mengetahui kondisi ayah Anda secara keseluruhan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi