Tanya Dokter

  • kepastian apakah saya terkena (PMS) ato (IMS) ?

  •  Richard Gigir
    Anggota

    Dok sekitar sebulan yg lalu saya mengalami ssah BAK dan timbul jga benjolan sperti biji dan tdk trasa gatal di btng mr.P saya dan pertama hx 1 jga di paha saya timbul bintik" merah dan ada yg sedikit cerah di daerah paha saya yg gatal dan meluas tapi hanya kcil" ada jga yg brkelompok tapi kalau di garuk tdk mngeluarkan cairan sperti yg saya baca klo org trkna herpes tpi saya krg tau jga.dikantung zakar jga timbul sperti biji yg klo di garuk gatal sekali tpi lbih besar dari yg timbul di daerah paha. jjur saya prnah melakukan hbungan intim sering dan prnah lain psang tpi hx 1 dan itupum sekali saja tpi klo dgn pcar saya kmi sering mlakukannya dan maaf kmi mlakukannya sering dgn smbarangan dan jga tnpa pngaman .pcar saya prnah mngalami gatal" jga di skitar daerah V nya tpi dy tdk tau pnyakitnya dan kmi pun sering mlakukannya . sekitar 3-4 hari saya mngalami ssah BAK kmudian k5harinya saya lihat ada cairan di CD saya dan itu trjadi di pagi hari ,saya takut dan lngsung k dokter dan dokter memberikan suntikan dan jga obat mnum srta salep untuk bintik gatalnya .stelah bberapa hari ssah BAK saya hilang bersamaan dgn bintik sperti biji itu dan bintik" kcil yg meluas di paha saya .saya pkir sdh smbuh total kmudian beberapa hari kmudian dy timbul lagi spertu biji di btang mr.p saya dan di buah zakar jga di paha saya ato seperti yg saya alami pertama dan ketika sya lama mngobatinya sya mngamati kmudian di mr.P saya trtambah bintik kcil yg brwarna putih dan klo pecah dy mngeluarkan cairan putih tpi ssah BAK saya sdh hilang saya takutdan saya prgi k dokter yg sama yg prnah mnangani saya dy adalah dokter umum dy hanya mmberikan lagi obat yg sma sepeti obat mnum dan salep yg sma persis yg d brikannya prtama .bbrapa hari saya mngkonsumsi obat itu dan dy hilang tpi stelah bbrapa hari kmudian dy timbul lagi sperti yg saya alami sbelumnya tpi yg ini dy timbul sperti yg prtama tapi di paha saya ada yg brgerombol yg wrnanya cerah sdikit mrah dan ada yg merah dan jika di garuk gatal sakli bgitu jg di kntung zakar dy tmbul sperti yg awal jika di garuk gatal dan sperti biji di btang mr.P saya tpi hnya 1 .sdah sekitar sebulan lbih saya alami timbu sembuh itu dan skrang saya msi mngalaminya yg saya tkut jga di pusar ada yg mngeluarkan cairan dan bintik yg gatal di pusar saya yg cairannya bila di cium bau .saya takut sekali .dok sya mau tnya kpastian tntang pnyakit saya apa?.apakah brbahaya sekali ?dan jika brbahaya sebrapa bhayanya itu dan apa obat yg bisa mnyembuhkan total pnyakit saya ?dan apa saya bisa sembuh dok ? mohon balasannya .saya tkut sekali dok saya msi ingin hdp lbih lama lagi saya msih brusia 16 thn .smenjak saya m dapat ini kami sdh tdk prnah mlakukan hbungan itu lagi .apaka sya trkena (PMS) atw (IMS) dok? mohon bantuannya

    Halo,   Untuk pemastian kelainan kulit kelamin Anda maka pemeriksaan fisik secara langsung akan diperlukan. Jika Anda sudah pernah berobat Anda bisa berkonsultasi secara mendetil dengan dokter yang merawat Anda agar Anda menjadi jelas mengenai kondisi kesehatan organ intim Anda. IMS / PMS adalah dua nama yang memiliki arti sama yaitu adanya infeksi/ penyakit yang metode penularanya terjadi melalui kontak seksual resiko tinggi. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan bintik di organ intim Anda antara lain adalah :

    1. Herpes simplek = merupakan salah satu IMS/PMS yang disebabkan virus herpes. Mudah terjadi kekambuhan sehingga memberikan kesan hilang timbul. Membutuhkan pengobatan dengan antivirus baik oral maupun topikal.
    2. Gonore = ditandai dengan nyeri saat BAK dan adanya cairan yang keluara dari muara uretra/penis. Merupakan IMS atau PMS. Pengobatan membutuhkan antibiotik baik injeksi maupun oral dosis tunggal. Tidak memerlukan obat oles.
    3. Infeksi menular seksual/ Penyakit menualr seksual lain = chlamidia, sifilis dll
    4. Molluscum
    5. Dll.
    Dengan pemeriksaan yang dilakukan dokter secara langsung maka penyebab keluhan Anda bisa diketahui dengan pasti dan diberikan pengobatan yang sesuai. Untuk memastikan kesembuhan sebaiknya Anda melakukan kontrol ulang ke dokter saat obat habis. Dokter juga bisa melakukan pemeriksaan tes darah maupun tes urin. Untuk kasus herpes simplek yang mudah sekali kambuh maka menjaga daya tahan tubuh dengan baik akan menjadi salah satu cara mencegah kekambuhan terlalu sering. Selain itu berpantang seks bebas, gunakan kondom dan hindari seks dini di usia muda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi