Tanya Dokter

  • Pemeriksaan kanker serviks

  • Malam dok Saya mau bertanya Saya memiliki rencana untuk imunisasi pencegahan dini kanker serviks Lalu saya dengar dari teman saya harus mengambil cairan melalui vagina. Pertanyaan saya, 1. pada saat pengambilan cairan vagina apakah dapat diketahui seorang perempuan masih perawan atau tidak? 2. Dan apakah bisa hasil dari cairan tersebut menunjukkan bahwa seorang perempuan masih perawan atau tidak?

    Hai Barbieesyantiek,

    Kanker serviks merupakan keganasan yang terjadi pada leher rahim wanita, di mana penyebabnya sebagian besar adalah akibat infeksi virus HPV/human papilloma virus yang ditularkan melalui hubungan seksual. Ada berbagai jenis virus HPV, dan yang paling berbahaya adalah HPV-16 dan HPV-18 yang menjadi penyebab 70% kasus kanker serviks. Pemberian vaksin kanker serviks merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus tersebut.

    Pada wanita yang telah melakukan hubungan intim memang diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dilakukan vaksin kanker serviks, yaitu pemeriksaan pap smear. Hal ini dikarenakan wanita yang telah melakukan kontak seksual bisa saja telah terinfeksi oleh HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual. Pemeriksaan pap smear dilakukan untuk menilai adanya perubahan seluler pada leher rahim akibat infeksi HPV, yang dapat menjadi awal perkembangan kanker serviks.

    Namun pada wanita yang belum pernah berhubungan seksual tidak perlu dilakukan pemeriksaan pap smear, karena kemungkinan telah terinfeksi virus HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual sangat kecil.

    Pemeriksaan pap smear sendiri tidak boleh dilakukan pada wanita yang belum pernah berhubungan seksual. Pap smear tidak dapat mendeteksi keperawanan seorang wanita. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan vaksin kanker serviks agar dapat dilakukan pemeriksaan yang tepat bagi Anda.

    Artikel berikut ini membahas lebih detail:

    Pentingnya vaksin kanker serviks

    Pemeriksaan pap smear

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman