Tanya Dokter

  • Mengenai keperawanan

  •  dinawatti
    Anggota

    dok kalo misalnya orang udah ga perawan lagi tapi dia ga tau siapa yang buat karna dia mabuk apa bisa diketahui orang yang melakukan itu dok??

    Halo Dina, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Hingga saat ini, di masyarakat Indonesia, keperawanan masih sering dikaitkan dengan keberadaan selaput dara. Padahal selaput dara tidak hanya robek akibat hubungan seksual, melainkan bisa juga karena terjatuh, berolahraga, masturbasi, pemeriksaan vagina, dan sebagainya.

    Terkait pertanyaan Anda mengenai cara memastikan pasangan seksual, sebaiknya dikonsultasikan secara langsung dengan dokter spesialis forensik. Dokter bisa menyarankan untuk dilakukan visum. Namun, perlu Anda ketahui, untuk dimulainya suatu visum, memerlukan surat permintaan dari polisi, bukan atas permintaan dokter ataupun pasien. Dengan demikian, diperlukan pelaporan ke petugas berwajib terdekat di tempat Anda.

    Saat dilakukan visum, dokter akan mencari berbagi barang bukti yang bisa digunakan sebagai identifikasi. Sebagai contoh yang paling mudah adalah sampel cairan mani atau rambut kemaluan pria yang bisa berguna sebagai sumber DNA untuk identifikasi pasangan seksual Anda. Sayangnya, bila hubungan seksual sudah berlangsung cukup lama, maka keberadaan barang bukti ini sulit diperoleh, demikian pula dengan identifikasi pasangan seksual Anda.

    Demikian, semoga menambah wawasan ya

    dr. Lili