Tanya Dokter

  • Tanda keperawanan sudah hilang

  •  fitriani_
    Anggota
    halo dok,saya pernah berhubungan intim dengan pacar saya,pada saat itu keluar sedikit darah,hanya sedikit sekali,apakah keperawanan saya sudah hilang atau belum?

    Hai Fitriani. Keperawanan ditentukan dengan adakah hubungan seksual sebelumnya. Pada masyarakat sering sekali dikatakan bahwa keperawanan ditentukan dengan utuhnya himen (selaput dara), padahal, selaput darah ini tidak hanya sobek saat berhubungan saja, namun bisa sobek akibat trauma, adanya olahraga tertentu atau memang tidak terbentuk sama sekali. 

    JIka anda sudah melakukan hubungan seksual dengan seseorang dan dalam hal ini adalah pacar anda, maka dapat dikatakan keperawanan anda sudah hilang. Jika yang anda maksud adalah apakah selaput dara anda sudah robek atau belum, maka adanya darah saat berhubungan bisa disebabkan oleh selaput dara yang sobek. Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami. Walaupun bisa mengindikasikan selaput dara yang telah sobek, trauma saat berhubungan seksual juga dapat memberikan kondisi serupa. Berikut mengenai selaput dara. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa