Tanya Dokter

  • Penyebab vagina keluar darah saat hubungan intim pertama kali

  •  dinasiswanti
    Anggota
    Bpk/Ibu Dokter, sy ingin bertanya. Kemarin sy sempat melakukan hubungan intim dgn seseorang. Kami sempat melakukan penetrasi. Dan akhirnya keluar darah dari vagina sy. Namun seingat saya, penis nya hanya masuk beberapa senti saja (mungkin hanya 2-3 cm), hanya bagian kepala. Yg ingin sy tanyakan adalah: 1. Apakah darah yg keluar itu tanda bahwa selaput dara sy sdh robek dan sy tidak perawan lagi? 2. Apakah pada saat berhubungan intim dan selaput dara robek, itu akan terasa atau tdk? Terima kasih sebelumnya atas perhatiannya.

    Halo Dina

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Keperawanan yang beredar di masyarakat berbeda-beda tergantung dari persepsi individu dan lingkungan sekitar. Terdapat kepercayaan yang menganggap bahwa yang masih perawan adalah yang belum sama sekali pernah melakukan kontak dengan pria (ciuman, seks, dan lainnya), ada juga yang mengatkan masih perawan apabila tidak berhubungan intim hingga penetrasi dan selaput dara yang robek sering dijadikan faktor penentu apakah dia perawan atau tidak. Namun perlu diketahui selaput dara yang robek hanyalah tanda dari bahwa sudah pernah terjadi penetrasi dari ke lubang vagina. Selaput dara itu sendiri mudah sekali robek dan tidak harus dengan penetrasi oleh penis saja, bisa terjadi oleh karena masturbasi atau trauma (jatuh). Maka dari itu perawan atau tidaknya tergantung dari situasi dan persepsi Anda dan masyarakat.

    Beberapa orang mengatakan bahwa ketika selaput dara robek akan terassa begitupula laki-laki akan merasakan seperti menembus sebuah kertas ketika menembus selaput dara tersebut.

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat