Tanya Dokter

  • Mengatasi permasalahan dalam diri

  •  jeenie guntur
    Anggota

    halo dok saya berusia 15 tahun dok

     

    dok saya mengalami masalah dalam pertemanan dok teman teman saya tidak mau sekelompok dengan saya dok dan saya juga memiliki rasa ingin tahu yang banyak dok seperti ingin mencoba bir , ingin bereteman dengan anak nakal , ingin mencoba rokok dan ingin tahu rasanya memakai obat telarang itu kenapa ya dok dan saya juga sering kepikiran akan suatu masalah

    oh ya dok saya juga mempunyai masalah di pyblick speaking dok

    jadi bulan januari nanti saya akan mengikuti tes prakter bahsa indonesia saya jika berbicara di depan akan tersendat sendat dok seperti gagap tapi sebernrnya saya tidak gagap dok bahkan karena itu saya juga pernah dipanggiil ke bk karena saat saya tegang atau ketakutan saya berbicaranya patah patah dok

     

    tolong dijawab ya dok 

    thanks,

    Halo Jeenie Guntur,

    Di usia Anda saat ini, masa masa remaja, memang akan banyak hal hal yang timbul dan bergejolak. Hal ini terjadi karena masa remaja merupakan masa transisi dari anak anak ke dewasa. Ada banyak perubahan yang terjadi di masa ini yang mengakibatkan permasalahan dalam hal identitas diri, rasa percaya diri, dan hal lain seputar asmara, seks, pergaulan, sekolah, dan lainnya.

    Rasa ingin tahu yang Anda alami umumnya akan dialami oleh remaja lainnya. Tetapi, pengetahuan yang benar tentang rokok, alkohol, obat terlarang dan hal hal berbahaya lainnya, akan membantu Anda untuk menentukan sikap ketika diperhadapkan pada keinginan ini.

    Alkohol, rokok dan barang sejenis lainnya merupakan pintu masuk pada ketergantungan yang berbahaya terhadap narkoba. Jika Anda memiliki rasa ingin tahu tentang hal hal tersebut, bacalah banyak artikel artikel seperti: 

    Segudang bahaya rokok

    Efek alkohol

    Pergaulan bebas

    Untuk hal ini, kami menganjurkan agar Anda berkonsultasi baik dengan orang tua, sahabat, guru, atau orang dewasa lain yang dekat dan dapat dipercaya, agar Anda dapat memiliki masukan masukan baik untuk menetapkan langkah langkah hidup Anda.

    Isi waktu Anda dengan hal hal positif, sehingga Anda tidak perlu meghabiskan waktu untuk hal hal negatif yang akan mengganggu hidup Anda.

    Untuk kondisi gagap di muka umum,  hal ini dapat disebabkan oleh permasalahan emosiaonal, stres dan cemas, tetapi juga dapat merupakan suatu gangguan motorik bicara, atau kondisi genetik.

    Anda perlu membicarakan hal ini dengan dokter atau psikolog, untuk melihat kemungkinan penyebabnya dan melakukan upaya upaya untuk menanganinya.

    Demikian, semoga membantu ya.