Tanya Dokter

  • keputihan kental yang kadang-kadang terasa gatal

  •  Dian Oi
    Anggota

    Dok saya seorang ibu satu anak.saya mengalami keputihan yg yg kadang2 menyebabkan rasa gatal,warnanya putih kental.saya sudah mencoba dengan sabun pembersih tp masih belum sembuh juga.obat apa yang harus saya pakai biar keputihan saya sembuh?

    Hello, Keputihan yang berwarna putih kental dan gatal paling sering disebabkan oleh infeksi jamur. Namun ada beberapa penyebab yang dapat memberikan gejala yang serupa dengan infeksi jamur, antara lain:

    1. Infeksi trichomoniasis
    2. Infeksi klamidiasis
    3. Infeksi gonorea
    4. Infeksi herpes
    5. Infeksi bakteri lain
    6. dan lainnya
    Untuk menentukan penyebab secara pasti diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lender yang keluar dari organ intim tersebut untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Setelah mendapatkan penyebabnya, maka dokter akan meresepkan nama obat dan dosis minumnya berdasarkan kondisi umum, pemeriksaan fisik, stadium dan penyebab keputihannya. Hal-hal yang dapat Anda lakukan selain membersihkan dengan sabun yang tidak mengandung zat kimia, antara lain:
    1. Mencuci dengan air hangat secara teratur
    2. Mencuci secara searah dari belakang ke depan
    3. Menggunakan celana dalam berbahan katun
    4. Mengganti pakaian dalam jika basah
    5. Tidak terlalu sering menggunakan panty liners
    Berikut adalah laman yang dapat bermanfaat untuk Anda seputar keluhan yang Anda rasakan : http://www.alodokter.com/keputihan http://www.alodokter.com/tanda-tanda-ketidaknormalan-cairan-vagina http://www.alodokter.com/memahami-kesehatan-dan-kebersihan-organ-intim-anda Semoga berguna. Salam, dr Henry Andrean