Tanya Dokter

  • Penyebab keputihan berwarna merah dan cara menyembuhkannya

  • dok mau tanya hampir 2 bulan ini saya mengalamikeputihan yang berwarna merah ??? tapi tdk gatal , sakit maupun nyeri . itu knp ya dok.? cara nyembuhinnya gimana

    Halo,   Keputihan adalah kondisi yang bisa saja normal dan diakibatkan karena proses pembersihan organ reproduksi wanita. Biasanya keputihan yang normal adalah keputihan yang tidak berwarna dan tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan seperti gatal, flek/spotting dll. Keputihan yang berubah warna menjadi kemerahan bisa saja terjadi paska menstruasi atau melahirkan, sebagai akibat sisa darah yang masih melekat dan dikeluarkan bersamaan dengan cairan vagina Anda. Namun keputihan yang disertai flek / spotting sehingga berwarna merah terang/ gelap bisa disebabkan karena :

    • Infeksi gonore.
    • Infeksi chlamidia
    • Infeksi trikomonas
    • dll
    Untuk mengetahui penyebabnya maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat. dokter akan memeriksa fisik dan cairan vagina Anda jika perlu untuk menegakkan diagnosa keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan secara optimal. Anda juga sebaiknya melakukan perawatan organ intim dengan cara :
    1. Membersihkan vagina dari arah depan ke belakang dengan menggunakan sabun.
    2. Lap kering organ intim sehabis Anda BAK/ BAB
    3. Hindari penggunaan panty liner setiap hari
    4. Gunakan celana dalam katun yang tidak ketat.
    5. Ganti celana dalam Anda jika basah.
    6. Ganti pembalut Anda setiap terasa becek/ minimal 4 jam sekali.
    7. Hindari penggunaan pembalut yang menimbulkan alergi karena bisa memudahkan terjadinya infeksi.
    Baca topik Keputihan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi