Tanya Dokter

  • solusi keputihan yang berwarna kuning

  •  Erina Ikfian
    Anggota

    dok... terkadang keputihan saya... cairanya itu tidak selalu putih dok... terkadang agak kekuning-kuningan gitu dok... apakah itu sangat berbahaya dok...? kalau berbahaya apa solusinya ya dok...?

    Hello, Keputihan, sesungguhnya merupakan proses yang normal terjadi pada wanita sebagai proses pengeluaran bakteri dan sel-sel mati yang berada di rongga vagina. Sebagai ciri-ciri keputihan yang tergolong normal, biasa terjadi sebelum dan sesudah haid, tidak berwarna atau jernih, tidak berbau, tidak gatal, dan tidak ada kelainan kulit disekitar kulit organ intim. Namun jika keputihan yang dialami berwarna kuning, ada kemungkinan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh salah satu mikroorgnisme dibawah ini :

    1. Trikomonas
    2. Jamur
    3. Gonorea
    4. Klamidia
    5. Virus
    6. Bakteri lain
    Disamping infeksi, keuptihan yang tidak normal dapat juga menandakan adanya kanker dalam alat reproduksi. Prognosa bahaya tidaknya sebuah penyakit berbeda-beda di setiap penyebab. Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang sesuai guna mendapatkan penyebab dari keputihan yang Anda alami, sehingga dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan di rumah untuk menjaga kebersihan organ intim berkaitan dengan upaya pencegahan keputihan yang abnormal, antara lain:
    1. Cuci organ intim dengan air hangat
    2. Cuci organ intim searah dari depan ke belakang
    3. Hindari penggunaan sabun yang mengandung zat kimia
    4. Hindari penggunaan panty liner yang berlebihan
    5. Ganti celana dalam jika basah
    Berikut adalah laman yang membahas mengenai tanda-tanda keputihan yang abnormal : http://www.alodokter.com/keputihan http://www.alodokter.com/tanda-tanda-ketidaknormalan-cairan-vagina Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean

    Erina Ikfian  Erina Ikfian
    Anggota

    trimakasih dok.. :)  

    Erina Ikfian  Erina Ikfian
    Anggota

    ohya dok... cara yang baik untuk mengeringkan Vagina itu gimana ya dok...? apakah pakai  tisu itu bagus dok...?

    Erina Ikfian  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Iya Anda bisa menggunakan tissue. Pastikan untuk tidak melakukannya terlalu kasar agar tidak lecet. Pilih tisue yang tidak berparfum atau mempunyai wangi-wangian atau bahan kimia lainnya. Dr Liyadi