Tanya Dokter

  • Apakah saya mengalami keputihan?

  • Ass, dok mau nanya dok aku umur 18thn perut aku kadang trasa nyeri kya tanda mau mens dok tp itu bkn mens apa itu keputihan dok kdang keluar seperti lendir brwrna putih dok tp tdk gatal/berbau apa itu knapa ya dok? Apakah berbhya?

    Dear Cici, Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan. Keputihan adalah cara tubuh untuk mengeluarkan sisa-sisa sel vagina yang mati dan kuman yang ada di dalam vagina. Proses ini dikatakan normal bila berwarna putih atau bening, tidak berbau, tidak gatal, tidak menimbulkan rasa perih di vagina, tanpa nyeri perut. Keputihan yang disertai nyeri perut (termasuk nyeri tulang panggul) bisa merupakan keputihan yang tidak normal karena penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia. Selain itu bisa merupakan dua keluhan yang berbeda. Nyeri perut Anda datang bersamaan dengan keputihan dan tidak ada hubungannya dengan keputihan. Nyeri perut tersebut bisa merupakan:

    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter kebidanan dan kandungan agar dilakukan penelusuran riwayat gejala dan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium dan USG mungkin akan dianjurkan dokter. Terapi yang tepat akan diberikan dokter sesuai dengan diagnosis. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:
    • jaga kebersihan area kewanitaan
    • bersihkan organ intim dengan membasuhnya dari arah depan ke belakang
    • ganti celana dalam setiap terasa lembab atau basah
    • gunakan celana dalam yang menyerap keringat dan tidak ketat.
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Keputihan Mewaspadai keputihan yang tidak normal Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya