Tanya Dokter

  • Penyebab keputihan berwarna coklat setelah konsumsi obat jamur

  •  nefrida
    Anggota

    selamat siang, dok saya mau tanya kemain saya berobat untuk keputihan saya yg begitu banyak berwarna putih bening, saya di kasih obat metrodinazole , tetapi setelah meminum obat itu kenapa keputihan saya keluar lagi dan berwarna coklat yah?

    Hai nefrida,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Keputihan yang normal adalah berwarna bening hingga keputihan. Keputihan yang berwarna kecokelatan dan muncul dalam jumlah yang banyak kemungkinan disebabkan oleh berbagai kondisi berikut:

    • Perubahan hormonal menjelang menstruasi
    • Iritasi organ intim, misalnya karena sabun pewangi vagina, pelumas seksual, kondom, spremisida, bahan pakaian tertentu
    • Infeksi organ intim, misalnya karena gonorrhea, candidiasis, trikomoniasis, klamidia
    • Keganasan, misalnya kanker serviks
    • Stres, dan sebagainya

    Jika keputihan tidak membaik setelah berobat ke dokter, sebaiknya Anda kembali memeriksakan keluhan Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut, misalnya dengan tes urin atau apus lendir vagina guna dilakukan pemeriksaan mikroskopik.

    Sebagai langkah awal, Anda bisa lakukan tips berikut:

    • Bersihkan kelamin setiap habis buang air menggunakan air bersih, lalu keringkan dengan tisue bersih
    • Gunakan pakaian dalam yang bersih, berbahan lembut dan menyerap keringat
    • Tidak perlu menggunakan sabun pewangi, pembalut berpewangi, atau pantyliner
    • Ganti pakaian dalam minimal 2 kali dalam sehari
    • Jangan melakukan seks bebas
    • Hindari stres berlebihan

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah