Tanya Dokter

  • Solusi atasi keputihan terus menerus

  •  YeniRahma W
    Anggota
    Dok, saya punya keluhan keputihan sejak saya umur 10 tahun, skrg 23thn Masih kecil miss v saya sangat bau dan gatal. Semenjak SMP dan mulai menstruasi di CD malah keluar kuning kecoklatan, bau dan gatal. Beranjak SMA, warna lendir tidak lagi bening. Berubah seperti yogurt, tapi tidak sampai mengotori CD. Ketika saya korek2 baru bisa dilihat. Masih bau dan gatal. Lalu saya menikah, saya mencoba pakai obat Flagistatyn resep dokter, obat habis datang lagi. Ke bidan dikasih metronidazole dan nistatyn, tetap saja keluar. Saya coba obat lain, Albotyl ovula. Sama aja obat habis datang lagi. Sekarang cuma pake pantyliner, lumayan gak seberapa bau dan tidak gatal. Meski tetap keluar putih2 nya. Mohon dibantu dok
    YeniRahma W  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Yeni, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Keputihan adalah kondisi normal yang dialami oleh setiap perempuan, pada kondisi normal keputihan tidak berwarna (cenderung jernih), tidak berbau, dan tidak menimbulkan keluhan seperti gatal, perih, dan sebagainya. Bila melihat dari keterangan Anda dimana keputihan sudah berlangsung cukup lama, sempat sembuh dan kambuh kembali, maka kemungkinan hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti : kebersihan daerah kewanitaan yang tidak terjaga dengan baik, kebiasaan penggunaan cairan pembersih vagina. parfum, dan sebagainya., menyeka setelah berkemih dari arah belakang ke depan (seharusnya dari depan ke belakang), kebersihan celana dalam, riwayat berhubungan seksual berganti ganti pasangan, dan masih banyak lagi.

    Kami menyarankan Anda untuk menemui dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut pada kondisi Anda saat ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel keputihan dan dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop untuk mengetahui penyebab infeksi secara pasti dari keputihan Anda. Kami tidak menyarankan Anda untuk mengganti ganti penggunaan obat untuk menangani keputihan tanpa adanya pengawasan dari dokter, karena penggunaan yang tidak tepat dapat mengganggu keseimbangan flora/ bakteri normal pada daerah kewanitaan Anda. Sementara ini yang dapat Anda lakukan :

    • Jaga kebersihan daerah kewanitaan
    • Ganti pembalut secara rutin saat menstruasi
    • Batasi penggunaan celana ketat untuk menghindari kelembaban berlebih
    • Hindari penggunaan bahan kimia berlebihan pada daerah kewanitaan
    • Hindari melakukan hubungan seksual berganti ganti pasangan
    • Kelola stress dengan bijak

    Sekian informasi yang dapat kami sapaikna, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo