Tanya Dokter

  • Keputihan saat hamil dan tanda-tanda melahirkan

  • Dok sya mw bertx kok sdh 3 hari ini ada keputihan sya kluar tpi tdk gatal dan tdk bau kok. Trus tdk banyak yg kluar trus kemaluan sya suka nyut nyutan. Apa tanda persalinan sya sdah dekat yah. Usia kehamilan sya msuk 8 bulan.

    Halo Tanning Lulung, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Keputihan dalam kehamilan biasanya memang akan dirasakan bertambah jumlahnya seiring dengan pertambahan usia kehamilan dan mendekati waktu persalinan. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda yang dapat anda rasakan menjelang waktu persalinan:

    1. Bayi terasa turun. Tanda ini dirasakan seperti sensasi kepala bayi memenuhi panggul dan tekanan pada diafragma serta rasa sulit bernafas yang dialami selama kehamilan trimester 3 akan berkurang. Tanda ini terjadi beberapa minggu sebelum persalinan. Bayi yang turun ini dapat juga terasa seperti rasa penuh dan nyeri pada vagina yang terutama dirasakan saat berdiri lama atau berjalan.
    2. Kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Kontraksi palsu ini sebenarnya sudah dapat dirasakan sejak trimester pertama dan kedua, namun biasakan akan semakin kuat dan semakin sering dirasakan sejak trimester ketiga hingga mendekati persalinan. Semakin mendekati persalinan, kontraksi palsu ini dapat terjadi semakin sering dan semakin kuat. Kontraksi palsu berbeda dari kontraksi persalinan karena biasanya tidak teratur, hanya berlangsung sebentar, dan dapat menghilang dengan istirahat atau aktifitas.
    3. Keluar lendir dan darah atau yang sering disebut "bloody show". Beberapa minggu sebelum persalinan hingga sesaat menjelang persalinan dapat terjadi  pengeluaran lendir yang encer disertai darah dari vagina. Semakin mendekati persalinan, lendir yang keluar bisa semakin banyak dan diikuti dengan  keluarnya gumpalan lendir yang kental bergumpal disertai darah. Gumpalan lendir ini adalah gumpalan lendir yang menutupi lubang serviks selama 9 bulan kehamilan dan terlepas saat serviks mulai menipis dan mengalami pembukaan. Meskipun demikian keluarnya gumpalan lendir ini tidak menandakan persalinan akan terjadi segera.
    4. Perubahan pada serviks. Beberapa minggu hingga beberapa hari sebelum persalinan, dapat terjadi penipisan dan pembukaan serviks hingga 1-2 cm. Hal ini belum tentu menandakan bahwa persalinan akan segera berlangsung.
    5. Kontraksi yang semakin bertambah kuat dan semakin sering. Kontraksi yang bertambah kuat dan semakin sering, tidak menghilang dengan istirahat atau aktifitas adalah salah satu tanda bahwa persalinan akan segera terjadi. Kontraksi ini akan menyebabkan pembukaan serviks secara teratur.
    6. Pecah ketuban. Pecah ketuban adalah salah satu tanda persalinan akan segera terjadi atau bila tidak diikuti dengan kontraksi biasanya persalinan akan tetap harus dilakukan. Bila terjadi pecah ketuban, segeralah pergi ke dokter atau bidan.

     

    Berikut ini adalah daftar gejala dan tanda yang penting yang harus anda perhatikan. Bila anda mengalami gejala dan tanda dibawah ini, anda harus segera pergi ke dokter atau bidan:

    1. Kontraksi yang kuat setiap 5 menit selama 1 jam
    2. Rembes cairan atau pecah ketuban
    3. Perdarahan banyak dari vagina
    4. Kontraksi yang kuat hingga menyebabkan anda sulit berjalan
    5. Perubahan pada gerakan bayi, yaitu bila anda merasakan kurang dari 10 gerakan setiap 2 jam
    6. Tanda persalinan pasti sebelum kehamilan anda usia 37 minggu

     

    Tanda seperti keputihan yang semakin banyak dan kemaluan yang terasa nyeri (yang kemungkinan menandakan bayi yang sudah turun ke panggul), belum tentu menandakan bahwa persalinan akan segera terjadi. Bila anda khawatir, anda dapat memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungan anda untuk memastikannya.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat bermanfaat

     

     dr. Irna Cecilia