Tanya Dokter

  • Keputihan dan menstruasi banyak

  •  Inan Nita
    Anggota
    Dok,sy ini sudah 2 tahun mngalami keputihan dan keluarnya itu selayaknya lg menstruasi bnyak, berwarna putih semu2 hijau,dan berbau sangatlah tidak sedap,kepala sering pusing sampai org vertigo,,,skit apa yah dok?

    Halo,

    Mungkin yang Anda alami adalah keputihan sebagai gejala dari suatu kondisi medis yang perlu ditangani.

    Keputihan memang perlu dijabarkan karakteristiknya, karena terdapat keputihan yang muncul dalam kondisi yang normal dan bukan merupakan penyakit. definisi dari keputihan adalah keluarnya lendir vagina berwarna putih kekuningan, bening dan konsistensinya bisa berubah dari waktu ke waktu mengikuti siklus menstruasi. Keputihan merupakan salahsatu cara tubuh wanita menjaga kondisi vagina dan leher rahim dari infeksi, iritasi dan menjaga suasana asam basa liang vagina. Keputihan yang normal ini bertugas membawa sel-sel mati dan kuman, keluar dari liang vagina.

    Sedangkan keputihan yang merupakan gejala penyakit, berupa  lendir vagina berbau tajam/busuk/amis, lendir keluar dalam jumlah sangat banyak, konsistensinya sangat kental, disertai dengan rasa gatal, berwarna kuning kehijauan/berbuih, disertai dengan bercak darah dan atau perdarahan di luar siklus menstruasi, nyeri saat berhubungan seksual dan muncul nyeri di perut bagian bawah. 

    Kondisi keputihan yang bukan kondisi normal dapat disebabkan oleh :

    1. Infeksi dapat disebabkan oleh jamur, parasit (Trikomoniasis/Giardiasis) dan bakteri (Gonore/Chlamydia). Kondisi infeksi vagina ini bisa berhubungan dengan Penyakit Menular Seksual/PMS bila Anda pernah melakukan aktivitas seksual beresiko (berhubungan seksual berganti-ganti pasangan tanpa kondom dengan pasangan yang menderita PMS, seks oral/anal).
    2. Infeksi bakteri karena flora baik bakteri di liang vagina yang terganggu, penyebabnya berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu, penggunaan pembersih vagina yang terlalu sering (Bakterial Vaginosis).
    3. Gejala awal dari Kanker leher rahim/rahim.

     

     

    Keputihan biasanya dipicu oleh beberapa hal seperti perilaku seksual beresiko, mengalami Diabetes Melitus namun tidak terkontrol, gangguan hormon karena penggunaan KB/obat-obatan tertentu, iritasi di sekitar vagina karena penggunaan produk pembersih vagina yang tidak cocok dan kelebihan berat badan.

    Vertigo adalah sensasi khas seperti limbung, pusing tujuh keliling dan tempat berpijak terasa ikut berputar dan hilang keseimbangan. Vertigo biasanya berhubungan dengan gangguan organ keseimbangan di telinga bagian dalam atau masalah otak yang lebih berat. Lebih lengkap mengenai Pusing dapat Anda baca dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Menentukan apa penyebab keputihan dan pusing yang Anda alami, perlu ditelusuri apa penyebab, diagnosis dan faktor pemicu yang mungkin mendasarinya. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan medis dengan Dokter Spesialis Kebidana dan Kandungan. Dokter akan melakukan tanya jawab mengenai keluhan keputihan, menelusuri riwayat oenyakit yang pernah Anda alami di masa lalu, melakukan pemeriksaan fisik (biasanya menggunakan alat khusus untuk melihat kondisi vagina bagian dalam dan mulut rahim, bila Anda sudah pernah melakukan hubungan seksual) dan bila Dokter menganggap perlu Beliau akan merujuk pemeriksaan penunjang seperti tes lendir vagina, tes Pap Smear&USG transvaginal. 

    Lakukan hal di bawah ini untuk menjaga keputihan tidak semakin berat :

    • Bersihkan daerah kewanitaan dengan membasuhnya menggunakan air mengalir lebih sering. Boleh menggunakan sabun yang lembut 2x sehari saja untuk membersihkan area vagina. Penggunaan sabun terlalu sering dapat memicu iritasi pada vagina sehingga terjadi keputihan.
    • Selalu pastikan area selangkangan kering dengan membersihkannya dgn kain bersih. Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan lembut. Ganti pakaian dalam secara teratur untuk menjaga agar daerah selangkangan tetap kering.
    • Ganti pembalut/pantyliner tiap 3 jam sekali.
    • Gunakan kondom bila memutuskan melakukan hubungan seksual/aktivitas seksual. Gunakan kondom sesuai petunjuk yang tertulis dalam kemasan.
    • Bila berat badan berlebihan, turunkan dengan cara yang sehat. Berat badan yang berlebihan atau obesitas, dimana berat badan di atas berat badan normal yang tidak sesuai Indeks Massa Tubuh dapat menjadi faktor pemicu mudah terkena infeksi yang disebabkan oleh jamur, karena biasanya pada obesitas terjadi perubahan metabolisme tubuh yang mempengaruhi keseimbangan hormonal.
    • Kondisi tubuh yang sehat dapat mendukung kesehatan organ reproduksi., maka terapkan dengan konsisten Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi Seimbang, berolahraga rutin, beristirahat cukup di malam hari (minimal 7 jam), konsumsi air minum dalam jumlah yang cukup dan mengelola stress dengan bijaksana. 
    • Lakukan test Pap Smear secara teratur sesuai anjuran Dokter, bila Anda sudah pernah melakukan aktivitas seksual.

     

    Selengkapnya mengenai Keputihan dapat Anda baca dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.