Tanya Dokter

  • Penyebab sering keputihan namun tidak gatal

  • selamat malam dok saya mau tanya saya sering keputihan dok tapi tidak gatal dok dan trkadang bulu kmaluan saya rontok dok apakah itu normal atau tidak normal dok ? saya bisa minta solusinya dok trimakasih dokter 😊

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

     

    Keputihan / fluor albus ada yang normal ada yang tidak. Jika keputihan itu bening/ putih, tidak kuning/ hijau atau bewarna lain, tidak bau, nyeri, gatal, atau panas dan juga berhubungan dengan rangsangan seksual atau siklus menstruasi, maka biasanya merupakan keputihan yang normal.

    Sebaiknya adanya warna lain seperti kuning, hijau, merah, coklat, kelabu, bau seperti amis atau busuk, gatal, nyeri ,panas, keputihan seperti susu pecah merupakan tanda bahwa keputihan tersebut abnormal.

    Pada keputihan yang tidak normal, penyebab tersering adlaah infeksi ataupun karena ketidakseimbangan flora normal vagina. Infeksi jamur, bakteri dan parasit dapat menyebabkan keputihan. Seringkali infeksi tidak hanya sendiri tetapi terdapat lebih dari 1 penyebab, misalnya koinfeksi parasit dengan jamur.

    Penanganan harus dilakukan sesuai dengan kecurigaan penyebabnya, jika diperlukan maka sampel keputihan dapat diambil dan dilakukan pemeriksaan cairan keputihan untuk menentukan penyebabnya.

    Kunjungi dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan terapi yang sesuai

    baca tautan berikut untuk informasi lebih lanjut dan beberapa tips penting untuk menagtasi / setidaknya mengurangi keputihan

    keputihan

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Lili