Tanya Dokter

  • Pendarahan di luar menstruasi

  • Malam dok..saya recha umur 30th. Udah skitar 2 bulan ini saya mengalami pendarahan sebelum haid. Saya sampai hrs pake pembalut trs dlm sbulan. Sesudah haid sy bersih hny seminggu kemudian pendarahan lg smpe sy haid lg. Vagina saya sampe luka krn pembalut. Tapi juga krn gatal yg luar biasa krn pendarahan tu disertai keputihan tp bentuknya sperti bedak bubuk yg terkena air menggumpal kecil kecil disertai sperti kotoran itam gitu dok dan baunya luar biasa sprti bau kotoran ayam. Wrn dipembalut udah sprti wrn hitam pemdarahannya. Sebelumnya saya cm keputihan biasa. Dok..saya saat ini sangat takut. Krn sy sering baca dan nonton gejala dr kanker serviks. Saya ga tau hrs gimana atasi ini. Obat apa yg manjur dok ? Tolong saya dok..vagina saya sudah luka luka krn gatal yg ga tertahankan. Saya sdh minum antibiotik dr dokter sejak dua hari lalu. Krn saya baru lepas spiral saya yg sdh 8th lamanya. Dan mmg sdh harus dilepas krn batas spiral 8tn aja. Dalam berhubunganpun saya rasakan nyeri dan saat buang air kecilpun bgtu. Mohon bantuannya dok..terimakasih banyak dokter Gbu

    Halo,   Perdarahan terus menerus diluar masa menstruasi bisa disebabkan karena beberapa faktor yaitu :

    1. Infeksi rahim
    2. Penyakit radang panggul
    3. Kanker servik atau kanker rahim
    4. Polip / miom
    5. Efek obat
    6. Gangguan pembekuan darah
    7. Luka atau iritasi pada servik
    8. dll.
    Sementara keputihan Anda bisa disebabkan karena :
    1. Infeksi menular seksual
    2. Infeksi jamur
    3. Vaginosis bakterial
    4. Penyakit radang panggul
    5. Infeksi rahim
    6. dll.
    Baca artikel Cara mengatasi keputihan. Pendekatan terbaik untuk mengatasi kedua keluhan diatas perlu dilakukan dengan melakukan pemeriksaan segera ke dokter kandungan. Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab keluhan Anda. Beberapa tes medis yang bisa membantu antara lain adalah USG, tes darah, papsmear, dan pemeriksaan lendir keputihan Anda. Dengan mengetahui kepastian penyebab keluhan atas maka satu persatu keluhan Anda akan mereda dengan sendirinya dengan pemberian obat yang tepat. Agar keluhan Anda tidak bertambah buruk maka Anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa membantu yakni :
    1. Lap kering organ intim.
    2. Ganti pembalut setiap 2-3 jam sekali atau jika terasa becek
    3. pilih pembalut yang berpermukaan halus dan tidak menimbulkan alergi
    4. cuci bersih vagina dengan air dingin dan sabun ringan
    5. Gunakan celana yang menyerap keringat dan tidak ketat
    6. Patuhi aturan minum obat sesuai anjuran dokter
    7. Kontrol kembali saat obat habis dan keluhan belum hilang tuntas
    8. mengoleskan obat anti radang atau obat ruam seperti salef yang mengandung dexphantenol untuk mengurangi gatal akibat iritasi pembalut.
    9. Minum obat antihistamin jika perlu untuk meredakan gatal.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi