Tanya Dokter

  • keputihan berbau dan gatal setelah mens

  •  Rivan Rivandi
    Anggota

    dok saya mau tanya sebelum mens sya suka pusing dan mual,kadang 1 bulan sya mens 2 kali dan stelah mens keluar keputihan yg bbau gatal dan nyeri,tolong d jawab pertanyaan saya saya takut ada apa apa dengan saya ?

    Hello, Rasa pusing dan lemas dapat terjadi pada saat menjelang sampai selesai siklus menstruasi. Namun jika keluhan tersebut sangat mengganggu Anda, Anda dapat memeriksakan ke dokter guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan dokter dapat mendeteksi adanya kelainan lain yang mungkin Anda derita. Terkait siklus mentruasi yang terjadi 2 kali dalam satu bulan, hal ini pun terkadang dapat terjadi pada beberapa orang yang memiliki siklus yang lebih pendek, dan hal ini bukanlah merupakan sebuah kelainan. Namun Anda perlu lebih memberikan perhatian jika terjadi perdarahan atau flek diantara siklus menstruasi. Berikut adalah laman yang memuat jenis-jenis kelainan seputar siklus menstruasi yang memerlukan perhatian : http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal Lain halnya dengan merasakan keputihan atau nyeri yang sangat hebat. Walaupun keputihan merupakan salah satu proses normal untuk mengeluarkan bakteri dan sel mati dari rongga vagina, namun jika keputihan yang Anda rasakan berbau dan gatal, kemungkinan Anda mengalami infeksi. Infeksi yang dapat menyebabkan gangguan keputihan antara lain:

    1. Infeksi jamur
    2. Infeksi klamidia
    3. Infeksi trikomonas
    4. Infeksi gonorea dan penyakit seksual menular lainnya
    5. Infeksi bakteri lain
    6. Kanker
    7. dan lainnya
    Periksakan diri Anda ke dokter guna mendapatkan baik pemeriksaan fisik dan penunjang laboratorium sehingga penyebab keputihan yang abnormal tersebut dapat diketahui dan dapat dilakukan pengobatan. Setiap penyebab memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter yang memeriksa Anda. Berikut adalah laman yang membahas mengenai keputihan dan nyeri yang abnormal : http://www.alodokter.com/tanda-tanda-ketidaknormalan-cairan-vagina http://www.alodokter.com/penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean