Tanya Dokter

  • keputihan jadi kekuningan dan gatal setelah pakai clindamycin

  •  finzalia
    Anggota

    dok kenapa ya saya kan keputihan nya gatal, lalu dikasih Clindamycin dari dokter SP,oG malah keputihannya kekuningan dan gatal sekali bahkan ada bercak darah, kenapa ya dok? apa saya harus ke dokter SP,KK ?

    finzalia  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Clindamycin adalah antibiotik yang diresepkan untuk mengatasi infeksi bakteri. Pastikan Anda mengikuti anjuran dokter Anda mengenai cara pemakaian obat tersebut. Jangan menghentikan konsumsi obat, menambah atau mengurangi dosis tanpda berkonsultasi ke dokter. Kondisi yang Anda alami bisa disebabkan oleh beberapa pernyakit seperti:

    • infeksi bakteri vaginosis
    • infeksi jamur
    • penyakit menular seksual seperti trikomonas, klamidia dan gonore
    • pertumbuhan polyp pada serviks atau rahim dan lain-lain
    Untuk kepastiannya, periksakan diri ke dokter spesialis ginekologi. Dengan pemeriksaan yang lengkap dan tes medis seperti USG, permeriksaan spekulum dan tes urine, bisa dicari tahu penyebab pastinya. Pastikan juga Anda jelas mengenai diagnosis dari dokter, apa pengobatan yang diberikan dan tujuan dari tiap obat yang diberikan. Berikut adalah laman yang bisa membantu Anda:
    • http://www.alodokter.com/tanda-tanda-ketidaknormalan-cairan-vagina
    • http://www.alodokter.com/menangani-vagina-gatal
    • http://www.alodokter.com/keputihan
    Jika kondisi tidak menunjukkan tanda membaik atau malah bertambah parah, segera kembali ke dokter atau kunjungi dokter lain untuk meminta opini kedua. Dr Liyadi