Tanya Dokter

  • Keputihan berwarna susu, berbau, dan kadang gatal serta perih

  •  Tia Nur Asri
    Anggota

    Hallo dok, saya tia Gini dok udah hampir setengah tahun kalau ga salah , saya mengalami yang namanya keputihan, keputihannya kaya putih susu, berbau ,dan kadang gatal kadang tidak dak kadang perih, tapi saya suka cek dek dalam nya pake jari saya dan yang nempel di jari itu kaya tepung yg di basahin kental banget, itu bahaya ga sih dok? Aku harus langsung ke dokter apa coba atasin sendiri? Soalnya udah pake betadine khusus v juga emang agak sdikit berkurang tpi klo aku brhenti malah keluar lagi, tolong solusinya dok saga takut.

    Hai, Keputihan yang dialami oleh seorang wanita dapat terjadi karena sebab yang normal ataupun tidak. Keputihan yang normal umumnya timbul di sekitar siklus menstruasi, dengan cairan / lendir yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal ataupun perih. Keputihan yang berbau, berwarna, dan menyebabkan perih atau gatal biasanya diakibatkan adanya infeksi atau sebab lainnya pada daerah kewanitaan, seperti :

    1. infeksi jamur. cairan keputihan biasanya berwana putih susu kental, kadang bergumpal, tidak berbau dan disertai rasa gatal / tidak nyaman pada daerah kewanitaan
    2. infeksi trichomoniasis. cairan kuning kehijauan dan berbau amis
    3. infeksi bakterial vaginosis. cairan putih keabu-abuan dan amis
    4. infeksi herpes genital. keputihan disertai lepuhan-lepuhan pada sekitar kemaluan
    5. kanker serviks / rahim
    6. dan lainnya
    Pengobatan yang akan diberikan kepada Anda oleh dokter akan berbeda tergantung apakah penyebab dari keputihan yang Anda alami. Untuk menentukan secara pasti apa yang menyebabkan keputihan yang Anda alami diperlukan adanya konsultasi dan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Selain melakukan pemeriksaan langsung dokter juga mungkin akan meminta pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lab dari cairan keputihan Anda. Untuk membaca lebih lengkap mengenai keputihan Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/keputihan Berikut beberapa hal yang Anda dapat lakukan di rumah untuk membantu mengatasi keputihan :
    1. Bersihkan daerah kewanitaan dengan air hangat tanpa produk apapun
    2. Bersihkan daerah kewanitaan dengan menyapu dari arah depan ke belakang dan bukan sebaliknya
    3. Jangan terlalu sering menggunakan produk kewanitaan
    4. Jangan membiarkan daerah kewanitaan menjadi lembap, dengan cara :  tidak sering memakai pantyliner, menggunakan celana dalam berbahan katun, dan segera mengganti celana dalam jika basah
    http://www.alodokter.com/memahami-kesehatan-dan-kebersihan-organ-intim-anda   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.