Tanya Dokter

  • keputihan berbau tidak sedap setelah haid selesai

  •  cingha
    Anggota

    Halo dok, saya gadis usia 19th baru2 ini saya mengalami masalah pada vagina saya, setelah masa haid selesai jadi ada bau tidak sedap ada lendir seperti hingus, kira2 kenapa ya dok, mohon jawabannya terimakasih.

    Hai, Keputihan merupakan suatu keadaan yang seringkali dikeluhkan oleh wanita. Keputihan merupakan keluarnya lendir dari vagina, lendir yang diproduksi ini memiliki fungsi utama untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi. Keputihan dapat terjadi karena proses normal tubuh maupun adanya hal tidak normal pada tubuh. Keputihan yang normal contohnya terjadi di sekitar siklus menstruasi, saat ovulasi, dan saat hamil. Keputihan yang normal umumnya tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menimbulkan rasa gatau maupun perih di sekitar daerah kewanitaan. Jika jenis keputihan yang Anda alami diluar yang disebutkan diatas, mungkin keputihan disebabkan oleh adanya suatu hal, seperti :

    1. infeksi jamur - cairan keputihan biasanya berwarna putih susu, tidak bau, gatal
    2. infeksi trichomoniasis - cairan keputihan kuning kehijauan, berbau, sering sakit saat buang air kecil
    3. infeksi bakterial vaginosis - cairan putih keabuan, berbau amis
    4. infeksi herpes genital - ada bentol-bentol kecil di daerah kewanitaan
    5. kanker serviks - keputihan bercampur darah
    6. kanker rahim
    7. dan lainnya
    Untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab keputihan yang Anda alami maka diperlukan adanya pemeriksaan langsung oleh dokter / dokter spesialis kebidanan dan kandungan (obgyn). Dokter perlu untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, dan melakukan pemeriksaan medis lain apabila diperlukan seperti lab darah dan USG. Pengobatan yang diberikan akan berbeda tergantung dari apa yang ditemukan menjadi penyebab keputihan yang Anda alami. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi keputihan :
    • jaga daerah kewanitaan agar tidak lembab, dengan cara mengganti celana dalam setiap basah dan tidak sering menggunakan pantyliner
    • bersihkan daerah kewanitaan dengan air hangat, tanpa produk perawatan apapun
    • jangan terlalu sering menggunakan produk perawatan daerah kewanitaan
    • gunakan pakaian dalam berbahan katun
    • jangan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Dok kira" ad kah obat buat mengurangi keputihan yg sudah abnormal???

    cingha  Solichin
    Anggota

    Hai Obat keputihan banyak macamnya,tergantung penyebab yg mendasarinya,diusahakan priksa kedokter terlebih dahulu....dokter akan melakukan anamnesa terhadap anda dan bila perlu dilakukan papsmear/mengambil sampel agar tahu penyebab pastinya... Jika disebabkan karena bakteri,dokter umumnya akan memberikan antibiotik sprti METRONIDAZOL...dan jika disebabkan karena jamur,dokter akan memberikan obat antifungi sprti KETOKONAZOLE...jika dirasa gatel dokter akan memberikan obat antihistamin sprti chlorpheniramin maleat/CTM,tp perlu diingat obat antihistamin efek sampingnya mengantuk...semua obat itu harus resep dri dokter... SALAM SEHAT

    cingha  Nia Vivi Pv
    Anggota

    Dok kalo saya mengalami keputihan berbau pasca kuret itu kira* kenapa ya?