Tanya Dokter

  • keputihan yang banyak dan berbau menyengat

  •  Siti Rachmah
    Anggota

    dok.. saya mau tanya knapa ya ko keputihan yg kluar banyak sekali.. apalagi kalo saya pake clana dalam yg ketat keputihan nya itu kluar banyak sekali seperti kencing saja dan berbau mnyengat .. dok kasih tau saya knapa ? bahaya gga sih

    Hai,   Keputihan adalah hal yang normal jika memenuhi syarat tidak berwarna (jernih) , tidak berbau dan tidak menimbulkan keluhan apapun. Dan keputihan akan disebut abnormal jika tidak memenuhi salah satu atau lebih persyaratan diatas. Keputihan yang banyak, bau  bisa mengindikasikan terjadinya infeksi pada organ intim Anda dan kondisi ini diperburuk dengan kebiasaan Anda menggunakan celana dalam yang ketat yang bisa mengiritasi vagina sehingga produksi cairan vagina abnormal akan semakin banyak. Untuk menanganinya maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter dan melakukan pemeriksaan yang diperlukan untuk menegakkan diagnosa seperti tes urine , tes lendir keputihan dll. Penyebab infeksi sangat beragam yaitu :

    1. Infeksi jamur = keputihan putih susu dan gatal
    2. Trikomonas = lendir kehijauan diserti bau
    3. Vaginosis= lendir kekuningan dengan bau masam
    4. Gonore = lendir putih kekuningan disertai nyeri saat BAK
    5. Chlamidia
    6. dll
    Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi medis yang menyebabkan keputihan Anda yang banyak. Selain itu Anda juga sebaiknya melakukan perawatan organ intim Anda dengan cara :
    1. Membersihkan vagina dari arah depan ke belakng setiap hari minimal 2 kali dengan menggunakan sabun dengan komposisi yang ringan.
    2. Lap kering sehabis Anda BAK/ BAB
    3. Hindari penggunaan panty liner
    4. Gunakan celana dalam katun yang longgar
    5. Ganti celana dalam Anda jika basah.
    6. Hindari produk pembersih kewanitaan berlebih.
    7. Jika Menstruasi , ganti pembalut Anda setiap terasa becek/ minumal 4 jam sekali.
    8. Hindari penggunaan pembalut yang menimbulkan alergi karena reaksi alergi memudahkan terjadinya infeksi.
    Baca artikel mengenai Keputihan di SINI. Baca artikel mengenai cairan vagina Abnormal di SINI. Baca artikel mengenai Cara perawatan organ intim Anda di SINI.   Semoga membantu.   dr. Yusi