Tanya Dokter

  • keputihan berwarna coklat, gatal, tapi tak berbau

  • dok, beberapa bulan ini saya keputihan tidak berhenti2 sudah 4 bulan warnanya coklat tidak berbau , gatal.. kadang2 klo buang air kecil perih rada kepanas2an dua sya udah kedokter selama makan obat sembuh dok tpi setelah obat habis keputihan lagi ...

    apa yg saya harus lakukan..?

    Hai,   Keputihan merupakan hal yang normal terjadi saat vagina membersihkan dirinya dari kotoran. Namun keputihan yang normal/ fisiologis adalah keputihan yang tidak berwarna ( jernih ), tidak berbau, dan tidak menimbulkan keluhan apapun. Jika ternyata keputihan Anda berwarna kecoklatan, gatal dan menimbulkan keluhan rasa nyeri maka ini menjadi pertanda bahwa telah terjadi infeksi pada organ intim Anda. Baca artikel Tanda ketidaknormalan cairan vagina di SINI. Kemungkinan yang menjadi penyebab keluhan Anda adalah :

    1. Infeksi chlamidia
    2. Infeksi gonore
    3. Infrksi trikomonas
    4. Kanker servik
    5. Dll.
    Untuk mengetahui kepastian penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain seperti tes darah, tes urine dan tes lendir keputihan akan diperlukan. Penanganan juga akan disesuaikan dengan hasil dari pemeriksaan nantinya. Selain pengobatan, perawatan organ intim juga diperlukan untuk mencegah keputihan datang kembali. Perawatan yang perlu dilakukan adalah :
    1. Membersihkan organ intim Anda minimal 2 kali sehari dengan sabun ringan.
    2. Lap kering organ intim sehabis BAB/ BAK.
    3. Hindari penggunaan pantyliner setiap hari.
    4. Gunakan celana dalam dengan bahan katun dan tidak ketat
    5. Gunakan bawahan dari bahan yg menyerap keringat dan tidak terlalu ketat.
    6. Hindari penggunaan produk pembersih kewanitaan secara berlebihan.
    7. Hindari penggunaan pembalut yang bisa menimbulkan alergi.
    Semoga membantu.   Dr. Yusi