Tanya Dokter

  • selalu keputihan sebelum haid

  •  irayudiah
    Anggota

    malam dok, saya mau tanya 2 bulan trakhir sebelum haid saya selalu mengalami keputihan putih susu disertai rasa gatal. saya sudah pergi ke dokter dan d beri obat jamur ketokenazol yg diminum selama 7 hari. setelah itu saya haid dan sekarang setelah selesai haid. saya mengalami seperti keputihan keluar cairan berwarna putih susu kental namun tidak banyak dan tidak berbau menyengat. apa ini tanda saya belum sembuh dari jamur yang saya alami?

     

    trimaksih

    Hai, Keputihan adalah keluhan yang sangat sering dialami oleh seorang wanita. Keputihan yang dialami seorang wanita dapat terjadi karena proses normal tubuh maupun karena adanya suatu proses yang tidak normal pada tubuh. Keputihan yang normal umumnya cairannya berwarna bening / tidak berwarna, tidak berbau serta tidak menyebabkan gatal pada daerah kewanitaan Umumnya keputihan ini terjadi pada awal kehamilan, saat  ovulasi dan menjelang menstruasi. Sementara itu keputihan dengan ciri-ciri diluar itu kemungkinan besar disebabkan oleh adanya suatu hal, seperti :

    • infeksi jamur - cairan putih susu, gatal, tidak berbau
    • infeksi trichomoniasis -  cairan kuning kehijauan, berbau
    • infeksi bacterial vaginosis - cairan putih keabu-abuan, bau amis, gatal
    • kanker serviks - cairan berwarna merah muda atau coklat karena bercampur darah
    • dan lainnya
    Ada beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan keputihan timbul berulang, contohnya seperti daerah kewanitaan yang lembap, tidak bersih, daya tahan tubuh yang rendah. Berikut merupakan beberapa hal sederhana untuk mencegah keputihan timbul kembali :
    1. cuci daerah kewanitaan dengan air hangat
    2. jangan terlalu sering menggunakan produk perawatan untuk daerah kewanitaan
    3. ganti pakaian dalam setiap basah atau lembap
    4. jangan terlalu sering menggunakan pantyliners
    5. ganti pembalut sesering mungkin saat datang bulan
    Untuk menentukan penyebab dan pengobatan yang paling tepat untuk keputihan berulang yang Anda alami sebaiknya Anda kembali berobat dan menemui dokter yang memeriksa Anda sebelumnya secara langsung. Dokter perlu kembali melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, seperti pemeriksaan cairan keputihan.   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari