Tanya Dokter

  • Keputihan dan hanya keluar bercak coklat dari vagina disertai sakit perut sebelah kiri

  • Selamat malam dok, saya mau tanya. Biasanya saya menstruasi tgl belasan atau 20 ke atas, sekitar tgl 2 sampai beberapa hari sebelum muncul bercak2 kecoklatan, saya mengalami keputihan, warnanya awalnya bening kemudian putih susu. Apakah itu normal? Terkadang juga perut kiri bawah saya sakit. Mohon bantuannya, terima kasih.

    Hai, Keputihan merupakan salah satu cara tubuh untuk membersihkan dirinya sendiri. Melalui peningkatan produksi lendir vagina, diharapkan sel-sel mati, zat sisa dan kuman bisa tersapu keluar melalui aliran lendir tersebut. Produksi lendir vagina dipengaruhi oleh kadar hormon tubuh; karena itu, menjelang haid, saat hamil, atau sebagai efek samping KB, keputihan bisa terjadi (secara normal). Menstruasi normalnya berlangsung selama 2-5 hari, dengan jarak antarhaid sekitar 21 - 35 hari, dan banyaknya sekitar 30-70 ml per hari (sekitar 3-5 pembalut per hari; tergantung kebiasaan tiap perempuan dan jenis pembalut yang dipakai, jumlah ini bisa bervariasi). Warna kecoklatan pada darah haid (atau kehitaman) sebetulnya berasal dari darah yang sudah lama tersimpan; hal ini hanya memperlihatkan seberapa lama darah tersebut tertimbun dan biasanya tidak banyak memberikan makna klinis. Apabila terjadi menstruasi di luar siklus, kemungkinannya ialah:

    Pada perut bawah seorang wanita, terdapat organ kandungan sehingga apabila terdapat masalah di organ kandungan, berpotensi menyebabkan nyeri perut bawah (bisa sebelah kiri, kanan atau tengah). Gangguan pada organ kandungan juga sedikit banyak berkaitan dengan gejolak hormon sehingga berpotensi disertai dengan gejala keputihan. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Kandungan (Sp. OG). Mungkin diperlukan pemeriksaan apusan lendir vagina, tes darah dan USG untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan. Tips berikut mungkin membantu:
    • Istirahat cukup setiap hari, tidur sekurangnya 7-8 jam sehari
    • Banyak makan buah dan sayuran
    • Jaga kebersihan organ intim; usahakan agar selalu kering dengan sering mengganti pembalut/celana dalam
    Baca juga kenapa bisa muncul keputihan warna coklat Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma