Tanya Dokter

  • Keputihan

  •  Poohwinni
    Anggota

    Saya sering sekali keputihan hampir tiap hari kadang putih kadang kehijauan kadang gatal kadang tdk kadang bau kadang tidak. Dan muncul 5 benjolan seperti kutil d beberapa tempat. Dan dekat lubang vagina terdapat benjolan agak besar gatal apabila d tekan sakit. Itu apa ya dok. Penanganannya gmna dok. Trima. Mohon di jawab

    Halo,   Keputihan berbau dan berubah warna mengindikasikan adanya infeksi pada organ intim Anda. Beberapa penyebab infeksi organ intim bisa disebabkan karena :

    1. Vaginosis bakterial.
    2. Trikomonas.
    3. Gonore
    4. Chlamidia
    5. Infeksi jamur = Candida
    6. dll.
    Untuk memastikan penyebab keputihan Anda maka pemeriksaan fisik ke dokter akan diperlukan. Dokter akan memeriksa keluhan Anda seperti adanya bintil "kutil" yang Anda keluhkan dan memeriksa kondisi lain "benjolan" dan keputihan Anda. Dokter juga akan melakukan tes medis seperti tes lendir keputihan, tes darah dan tes urin untuk memastikan penyebab keputihan Anda. Baca topik Keputihan. Benjolan pada liang vagina bisa dikarenakan adanya :
    1. Kista bartolini.
    2. Abses.
    3. Jerawat.
    4. Kista duktus skene.
    5. Hernia pudendal
    6. Kutil kelamin
    7. dll.
    Untuk mengetahui dengan pasti maka pemeriksaan fisik langsung  dokter seperti pemeriksaan pervaginam akan diperlukan. Jika perlu dokter juga akan melakukan pemeriksaan dan tes medis lain seperti USG, Biopsi benjolan, Pap smear dll. Baca topik Benjolan di vagina. Perawatan organ intim  bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi gejala keputihan ini dengan cara seperti :
    1. Menjaga kebersihan organ intim dengan baik dan benar.
    2. Berpantang seks bebas.
    3. Gunakan kondom.
    4. Gunakan celana dari bahan katun dan tidak ketat.
    5. Gunakan pembalut dari bahan yang tidak mengiritasi.
    6. Lap kering organ intim Anda sehabis BAB/BAK.
    7. Hindari penggunaan panty liner berlebihan.
    Semoga membantu.   dr. Yusi