Tanya Dokter

  • Sering telat datang bulan, keputihan dan terdapat bercak putih pada vagina

  •  anonymous
    Anggota

    pada tahum 2012 saya mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. sering sekali saya telat datang bulan. kalo kata mama wajar aja permulaan mens emang suka telat, paling enggak 2 ato 3 bulan bisa normal (gak telat. ) tapi nyatanya sampai sekarang saya masih suka telat datang bulannya. disamping itu saya sering sekali keputihan, hampir tiap hari malahan. satu lagi, di daerah vagina saya ada putih"nya. dari ketetangan di atas apakah saya memiliki sebuah penyakit ato gejala mungkin. tolong di jawab. trima kasih

    Halo,   Pada awal pemulaan menstruasi memang biasanya siklus menstruasi belum teratur dikarenakan faktor hormonal seseorang. Bisa saja seseorang mendapatkan haid setiap 2 bulan sekali pada awal masa menstruasi dan hal ini dihitung normal selama orang tersebut tidak aktif secara seksual dan siklus menstruasinya semakin lama semakin teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan hormonal
    2. Perubahan berat badan
    3. Stress
    4. Latihan berat yang ekstrem
    5. Endometriosis
    6. Jaringan polip dalam rahim
    7. dll.
    Untuk mnegetahui penyebab pasti keluhan Anda, maka pemeriksaan ke dokter akan diperlukan, biasanya dokter akan memeriksa kondisi Anda melalui USG dan tes darah jika perlu untuk memastikan kesehatan organ reproduksi Anda. Jika ternyata ada permasalahan yang menganggu maka pengobatan akan diberikan sesuai permasalahan Anda. Untuk membantu memperlancar haid maka Anda bisa berolahraga teratur, makan gizi seimbang, istirahat cukup, dan kelola stress. Sementara bercak putih yang Anda keluhkan bisa disebabkan karena :
    1. Infeksi jamur = gatal, perih pada organ intim , bercak keputihan yang sulit dilepas, organ intim berwarna kemerahan karena meradang dll.
    2. Smegma = becak keputihan yang menempel pada lipatan antara labia minora dan mayora dikarenakan kebersihan organ intim yang kurang baik dan tidak membersihkan sisa air seni (urin) dengan baik setelah BAK menimbulkan pembentukan kristal keputihan pada bagian tersebut. Tidak menimbulkan gatal.  Bersihkan smegma dengan air hangat dan sabun ringan dengan cara menggosoknya dan untuk mencegahnya timbul embali lap kering organ intim Anda setiap BAB / BAK.
    Periksakan diri Anda jika mengalami keluhan keluhan yang tidak normal agar bisa diperiksakan secara seksama. Baca topik Keputihan. Semoga membantu.   dr. Yusi