Tanya Dokter

  • Keputihan yang terasa gatal dan perih

  •  Raka Sugih
    Anggota

    Pagi dok,, Saya mengalami keputihan yg menyebabkan rasa gatal dan perih jika d garuk dan mnjdi lcet.. Keputihan nya tdk berbau busuk nmun brwna kdang putih susu,, kdang khijauan.. Bgaimana solusi nya??? Dan apakah keputihan ini abnormal atau tdk???? Mhon pnjlsan nya dok..trms

    Halo,   Keputihan yang Anda alami mengalami perubahan warna (putih / hijau) dan menimbulkan keluhan gatal yang menandakan bahwa ini adalah keputihan abnormal akibat infeksi pada organ intim. Keputihan normal adalah keluarnya cairan vagina yang bening, kadang sedikit kental / encer , tidak berbau dan tidak emnimbulkan keluhan gatal, panas maupun perih. Infeksi organ intim yang bisa menyebabkan keputihan Anda antara lain adalah :

    1. Infeksi menular seksual = trikomonas, chlamidia, gonore
    2. Infeksi jamur
    3. Vaginosis bakterial
    4. dll.
    Untuk mengatasi keputihan maka pemeriksaan lendir keputihan perlu dilakukan untuk mengetahui sumber penyebab keputihan Anda. Dengan mengetahui sumbernya maka pengobatan yang diberikan akan sesuai dan mengurangi gejala keputihan Anda. Selain melakukan pemeriksaan ke dokter, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah dibawah untuk membantu pengobatan yaitu :
    1. Menjaga kebersihan organ intim dengan seksama.
    2. Mengganti celana dalam yang basah / lembab
    3. Menggunakan celana dalam berbahan katun dan tidak ketat
    4. Gunakan pembalut yang tidak menimbulkan alergi
    5. Lap kering organ intim setiap habis BAB/ BAK.
    Baca topik Keputihan Semoga bermanfaat.   dr. Yusi