Tanya Dokter

  • keputihan berwarna kuning, kental, dan berbau

  • dok saya mau tnya.. saya dwi umur saya 21th. dok, saya pernah keputihan tpi berbau tidak sedap,dan berwrna kuning kental.. itu terjadi sekitar 10hari sesudah haid saya bersih.. tpi saya hnya membiarkan nya dan mengikuti saran orang tua nenggunakab daun sirih untuk cebokan (maaf rada kasar).sesudah itu pulih dngn sndri nya. trus bbrapa blan kmudian keluhan itu dtang lgi.. tpi saya tidak mrsakab sakit apa",hnya sedikit gatal di bbir vagina saya..apa krena pikira saya yg sering stress/karna terlalu cape/memang saya punya penyakit dok ?? trimakasih

    Hai,   Keputihan berwarna kekuningan yang kental dan berbau serta menimbulkan rasa gatal mungkin dikarenakan karena terjadinya infeksi pada organ intim Anda. Penyebab infeksi yang mungkin menjadi dasar keluhan Anda adalah :

    1. Vaginosis bakterial
    2. Trikomoniasis
    3. Chlamidia
    4. Gonore
    5. Candidiasis
    Untuk mengetahui penyebab mendasar keluhan Anda maka pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain seperti tes darah, tes urine dan tes lendir keputihan perlu dilakukan agar penanganan yang sesuai bisa diberikan. Penanganan sesuai maksudnya adalah jika penyebabnya adalah jamur maka pemberian antijamur akan diperlukan, sementara jika penyebabnya bakteri maka antibiotik akan diberikan. Selain penanganan medis dengan obat, beberapa langkah yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Membersihkan organ intim Anda searah dari depan ke belakang dengan produk sabun ringan.
    2. Lap kering organ intim Anda sehabis BAK/BAB
    3. hindari penggunaan pantyliner
    4. hindari penggunaan produk pembersih kewanitaan berlebih.
    5. Gunakan celana dalam dengan bahan katun yang longgar
    6. Ganti celana dalam Anda jika basah.
    7. gunakan pembalut yang tidak menimbulkan alergi.
    Baca artikel keputihan di SINI. artikel cairan vagina abnormal di SINI Semoga membantu.   dr.  Yusi