Tanya Dokter

  • keputihan bercampur darah

  •  Willy Fanesa
    Anggota

    Malam dok Sy mau nanya dok.sy udh bkluarga dok.ssdh dan sblm haid,antra prtngahan bulan gtu dok,kmrn sya haid tgl20-26 slesainy dok.dan tgl4-12 skrg sy mngalmi kputihan yg brcampur coklat dan berdarah dok.kjadian ini sdh 10 bulan sya almi .ktika bercinta sya tdk ada mrsakan nyeri dok.

    dok.mhon jwban ny dok.apkah ini trmasuk kanker servik dok.trmksh dok

    Hai, Keputihan berwarna coklat dan berdarah dapat disebabkan oleh siklus menstruasi yang tidak teratur, atau keganasan seperti kanker serviks atau endometrium. Untuk menegakkan diagnosa kanker serviks, diperlukan pemeriksaan fisik oleh dokter dan pemeriksaan penunjang seperti pap smear, kolposkopi, maupun biopsi. Kanker serviks dapat memberi gejala seperti:

    • perdarahan vagina setelah berhubungan seksual, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause
    • perubahan siklus menstruasi tanpa penyebab yang jelas
    • perdarahan yang banyak
    Tetap jaga kebersihan daerah organ intim. Hindari penggunaan panty liners atau produk pembersih organ intim yang terlalu sering. Setelah berhubungan seksual, sebaiknya basuh vagina dan cobalah untuk buang air kecil. Untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut, disarankan Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan dapat membantu untuk mengetahui penyebab medis yang terjadi. Sehingga dapat segera diberikan penanganan yang tepat. Anda dapat membaca lebih lanjut halaman Kanker serviks.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto