Tanya Dokter

  • keputihan berwarna kecoklatan dan berbau amis

  •  DianKusuma
    Anggota

    Says perempuan, 30, belum menikah. selama beberapa minggu ini (selain pd saat haid), sy mengalami keputihan yg cukup menggangu. Cairan yg keluar cukup banyak n sgt menggangu. Ciri2 keputihan yg sy alami, awalnya berwarna kehijauan. Namun saat ini, cairan yg keluar smakin banyak n warnanya sdh berubah menjadi kecoklatan n berbau amis. Tidak ada gatal ataupun iritasi yg terjadi, namun hal ini cukup mengganggu. Terkena penyakit apakah saya? Apa pengobatan yg hrs sy lakukan? Krn slma ini sy hny m'konsumsi jamu gendong ditambah dg rebusan air daun sirih (diminum). Sy tggu kabar baiknya ya dok.. Salem.

    Hai,   Keputihan yang Anda alami menandakan telah terjadinya infeksi pada organ intim Anda. Sebenarnya keputihan adalah reaksi normal vagina untuk pembersihan liang vagina. Keputihan fisiologis / normal ini biasa terjadi pada saat masa subur, menjelang menstruasi, dan saat mengalami rangsangan seksual. Normalnya lendir vagina yang normal akan tidak berwarna (jernih), tidak berbau dan tidak menimbulkan keluhan apapun. Keputihan yang berubah menjadi berwarna , berbau dan menimbulkan keluhan menandakan adanya ketidaknormalan cairan vagina akibat gangguan pada organ intim Anda. Kemungkinan gangguan pada organ intim Anda adalah :

    1. Infeksi Trikomonas
    2. Infeksi vaginosis
    3. Infeksi chlamidia
    4. Infeksi candida /jamur
    5. Infeksi gonore
    6. Tanda awal Kanker mulut rahim
    7. dll.
    Untuk mengetahui dengan pasti maka pemeriksaan fisik secara langsung dan tes medis seperti pemeriksaan pervaginam, tes darah, tes lendir keputihan dll akan diperlukan dalam menegakkan penyebab keluhan Anda. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab kondisi Anda. Jika penyebabnya adalah uman / bakteri maka pemberian antibiotik akan diperlukan. Ikuti anjuran dokter dalam melakukan pengobatan agar Anda bisa sembuh dengan optimal. Adapun perawatan lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi gejala keputihan ini adalah :
    1. Menjaga kebersihan organ intim
    2. Berpantang seks bebas
    3. Gunakan kondom
    4. Gunakan celana dari bahan yang menyerap keringat dan tidak ketat.
    5. Gunakan pembalut dari bahan yang tidak mengiritasi.
    6. Lap kering organ intim Anda sehabis BAB/BAK
    Silahkan baca mengenai keputihan yang banyak dan berbau.   Semoga membantu.   dr. Yusi