Tanya Dokter

  • keputihan berlebihan

  •  Andriyani
    Anggota

    siang dok,bagaimana cara mengobati keputihan yang keluar berlebihan sperti sedang menstruasi?

    Hello, Keputihan biasanya akan keluar lebih banyak pada saat menstruasi. Keputihan terjadi akibat proses pengeluaran sel-sel yang mati atau bakteri dari rongga vagina ke luar tubuh. Keputihan yang normal memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

    1. Jernih
    2. Tidak berwarna
    3. Tidak berbau
    4. Tidak gatal
    5. Tidak kelaianan kulit di sekitar bibir vagina
    Jika keputihan yang dirasakan berbeda dari ciri-ciri keputihan normal seperti keputihan yang putih kental atau hijak kekuningan atau disertai darah, gatal, terdapat lepuhan pada kulit sekitar vagina, atau keluhan lainnya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih lanjut dan pengobatan. Berikut adalah laman yang membahas mengenai keputihan secara lebih lanjut : http://www.alodokter.com/keputihan http://www.alodokter.com/tanda-tanda-ketidaknormalan-cairan-vagina Untuk menanggulangi keputihan yang berlebihan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut :
    1. Mencuci organ intim dengan menggunakan air hangat
    2. Mencuci organ intim secara searah dari depan ke belakang
    3. Hindari penggunaan sabun yang mengandung zat kimia yang keras
    4. Gunakan celana dalam yang berbahan katun
    5. Ganti celana dalam setiap kali basah
    6. Hindari penggunaan panty liner yang terlalu sering
    Anda juga dapat mengakses laman berikut untuk mendapatkan cara perawatan kebersihan organ intim secara lebih mendalam : http://www.alodokter.com/memahami-kesehatan-dan-kebersihan-organ-intim-anda Semoga bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean