Tanya Dokter

  • Keluar keputihan tiap batuk

  •  Meita
    Anggota

    Selamat pagi dok. Langsung ke cerita aja ya dok saya 2 hari yang lalu masuk angin, tiap batuk keputihan saya keluar secara berlebihan dan kental berwarna putih tetapi berbau amis. Bahaya tidak ya dok? Terima kasih.

    Hai, Keputihan yang dialami setiap wanita dapat normal maupun tidak normal. Keputihan yang normal tidak berbau, tidak berwarna dan tidak menyebabkan gatal maupun perih di sekitar daerah kewanitaan. Apabila keputihan berwana, berbau, serta menyebabkan gatal atau nyeri maka keputihan dianggap tidak normal. Banyak penyebab keputihan tidak normal, diantaranya :

    1. infeksi jamur - keputihan berwarna putih susu, gatal, tanpa bau
    2. infeksi trichomoniasis - keputihan berwarna kuning kehijauan, berbau amis
    3. infeksi bakteri vaginosis - keputihan berwarna putih abu-abu dan berbau amis
    4. infeksi herpes genital - keputihan disertai ada bentol melepuh pada organ intim
    5. kanker
    6. dan lainnya
    Untuk mengetahui apakah yang menyebabkan keputihan yang Anda alami, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Selain itu dokter juga akan butuh untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab dari sampel cairan keputihan. Pengobatan untuk keputihan  yang Anda alami akan disesuaikan tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Untuk membaca lebih lanjut mengenai keputihan Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/keputihan Mengenai keputihan yang keluar lebih banyak pada saat batuk, hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh adanya kontraksi dari otot-otot bagian bawah / dasar dari perut (otot pelvis) pada saat batuk. Otot-otot ini juga mempengaruhi vagina sehingga pada saat batuk sekret di dalam vagina terdorong untuk keluar. Berikut merupakan hal-hal yang Anda dapat lakukan di rumah untuk mencegah terjadinya keputihan : http://www.alodokter.com/memahami-kesehatan-dan-kebersihan-organ-intim-anda   Semoga bermanfaat, Dian Paramitasari, dr.