Tanya Dokter

  • Keputihan berwarna hijau muda dan mengatasinya

  •  silva31
    Anggota

    Halo, dok. Selamat malam.

    Saya pada tanggal 30 bulan kemarin berhubungan badan tanpa memakai kondom. Beberapa jam pertama setelah berhubungan saya merasa vagina saya perih, juga saat saya buang air kecil. Namun itu hanya bertahan beberapa jam di tanggal 3o tersebut. Setelah itu saya merasa baik-baik saja. Namun 3 hari ini, keputihan saya berubah menjadi berwarna hijau muda. Apakah obat untuk menyembuhkanya ya dok? Saya hanya ada masalah dengan keputihan ini. Selebihnya saya tidak merasakan gatal, atau perih di daerah vagina.

    Hai Silva31,terimakasih telah bertanya pada forum alodokter. Saat ini keputihan merupakan hal normal yang dapat dialami oleh wanita terutama usia produktif,selama keputihan ini tidak menimbulkan gejala sebagai berikut,seperti:
    1. Gatal pada vagina
    2. keputihan berbau tajam
    3. Keputihan berwarna kekuninghijauan
    4. disertai nyeri saat BAK
    5. disertai luka pada vagina
    Berikut adalah penanganan sementara yang dapat anda lakukan:
    1. Rajin menjaga kebersihan organ intim (anda dapat mencuci dengan larutan pencuci vagina yang dijual di pasaran)
    2. Rajin mengganti pakaian dalam
    3. Tidak menggaruk jika gatal
    4. Menggunakan pengaman saat berhubungan
    5. Berkonsultasi ke dokter spesialis kulit kelamin jika keluhan anda berupa keputihan disertai gatal yang tak tertahankan,berbau,berwarna selain warna bening (dalam kasus anda berwarna kehijauan),vagina bengkak kemerahan,dan terdapat luka. Pada kasus yang anda alami,kebanyak penyebabnya jika mengalami keputihan berwarna kehijauan dapat disebabkan bakteri bernama trikomonas,penyakit ini dapat ditularkan dari penis ke vagina. untuk penanganan lebih lanjut biasanya akan diperlukan pemeriksaan swab pada vagina terlebih dahaulu,oleh karena itu anda dapat langsung ke dokter spesialis kulit kelamin
    Demikian info yang dapat diberikan, Semoga bermanfaat,salam dr. Celleen